DPR Prihatin Soal Korupsi

DPR Prihatin Soal Korupsi
DPR Prihatin Soal Korupsi
JAKARTA-Sejumlah anggota DPR RI mengeluarkan pernyataan keprihatinan terkait sejumlah kasus dugaan korupsi yang melibatkan beberapa anggota DPR, dimana beberapa anggota DPR bahkan sudah ditangkap KPK dan dikerangkeng di rumah tahanan (rutan).

jpnn.com - Pernyataan keprihatinan itu disampaikan anggota DPR antara lain Abdillah Toha (FPAN), Yuddy Chrisnandi (FPG), Soeripto (FPKS), Sidarto Danosubroto (FPDIP) dan Hadimulyo (FPPP) kepada pers di Press Room DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (10/7).

Dalam pernyataan keprihatinan tersebut, paling tidak ada sembilan poin yang mereka sampaikan. Pertama, mendukung sepenuhnya penelurusan dan penuntasan kasus-kasus dugaan korupsi yang melibatkan anggota DPR oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kedua, mendesak pimpinan DPR agar segera mengagendakan perancangan dan pembentukan Pansus RUU tentang Pengadilan Tipikor. Ketiga, mengusulkan agar tatib DPR tentang Badan Kehormatan (BK) diubah sehingga memungkinkan untuk mengikutsertakan unsur masyarakat yang punya integritas sebagai anggota.

Keempat, meminta seluruh fraksi di DPR dan pimpinan Parpol agar menempatkan anggota-anggotanya di Panitia Anggaran (Panggar) DPR melalui uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Kelima, mendesak seluruh rapat di Panggar DPR dilakukan secara terbuka dengan mendengar dan memperhatikan masukan dari masyarakat.

Keenam, meminta kepada seluruh mitra kerja DPR untuk melaporkan kepada pimpinan DPR dan KPK, media massa dan masyarakat bila mendapat tekananan dari anggota DPR yang menjurus kepada tindak korupsi. Ketujuh, mengharapkan agar tatib DPR terutama yang menyangkut etika anggota DPR untuk ditinjau ulang dan diperkuat untuk mencegah penyalahgunaan hak anggota dan kemungkinan terjadinya benturan kepentingan.

Kedelapan, mendorong media massa dan masyarakat luas untuk terus mengawasi kiprah anggota DPR, dan terakhir menghimbau masyarakat agar mememilih anggota DPR yang jujur dan punya integritas pada Pemilu 2009.

Pernyataan sikap itu sendiri ditandatangani oleh 21 orang anggota DPR dari berbagai fraksi.(eyd)

JAKARTA-Sejumlah anggota DPR RI mengeluarkan pernyataan keprihatinan terkait sejumlah kasus dugaan korupsi yang melibatkan beberapa anggota DPR,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News