DPR Sarankan Presiden Jokowi Lobi Raja Salman soal Kepastian Haji 2021

DPR Sarankan Presiden Jokowi Lobi Raja Salman soal Kepastian Haji 2021
DPR sarankan Jokowi lobi Raja Salman soal kepastian haji 2021. (Ilustrasi). Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menyarankan Presiden Joko Widodo untuk melobi Raja Salman bin Abdulaziz soal penyelenggaraan ibadah haji 2021.

Menurut dia, hingga saat ini pelaksanaan ibadah haji 2021 belum ada kepastian.

"Kami sarankan kalau perlu Pak Presiden bisa melakukan lobi langsung kepada Raja Saudi untuk memprioritaskan keberangkatan jamaah haji dari Indonesia," ujar dia saat menggelar rapat bersama Kemenag, Kemenkes, dan Kemenhub tentang penyelenggaraan haji 2021 yang dipantau secara virtual di Jakarta, Senin (15/3).

Menurut dia, hingga saat ini, belum ada lampu hijau soal skema penyelenggaraan haji 2021 dari Pemerintah Arab Saudi. Indonesia pun masih menunggu apakah otoritas Arab Saudi akan membuka pintu bagi calon jamaah dari negara lain.

Yandri mengatakan Indonesia merupakan penyumbang calon jamaah haji tertinggi. Dia yakin hal itu bisa mendorong proses lobi dilakukan antarkepala negara.

"Kalaulah perlu lobi antarkepala negara, Pak Presiden perlu turun tangan. Karena kalau sampai Tahun 2021 kita sampai tak memberangkatkan jamaah haji, sementara negara lain bisa memberangkatkan haji, saya kira itu sesuatu hal yang tidak baik buat negara kita," kata dia.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Kemenag telah melakukan beragam cara untuk bisa mendapatkan kepastian soal penyelenggaraan haji tahun ini. Salah satu upayanya melakukan koordinasi dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia serta lembaga-lembaga terkait lainnya.

"Seberapa pun tipis kemungkinannya, kami tetap menyiapkan penyelenggaraan ibadah haji. Kami terus merespons dengan langkah terukur, kami sudah siap apabila pemerintah Arab Saudi membuka untuk Indonesia," jelas dia.

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menyarankan Presiden Joko Widodo melobi Raja Salman bin Abdulaziz soal ibadah haji 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News