DPR Siap Menguji Calon Dubes RI Pilihan Jokowi

DPR Siap Menguji Calon Dubes RI Pilihan Jokowi
Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah melayangkan surat berisi nama-nama calon duta besar (dubes) RI ke pimpinan DPR. Asa 23 calon dubes yang akan menjalani fit and proper test di DPR.

Namun, Komisi I DPR yang biasanga menguji calon dubes belum menerima surat dari presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu. "Mungkin sudah sampai ke DPR, tapi di Komisi I nama-nama belum diterima,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin, Senin (28/11).

Meski demikian politikus PDI Perjuangan itu menegaskan, Komisi I DPR yang membidangi hubungan luar negeri sudah siap menjadwalkan fit and proper test bagi calon dubes. “Kami sudah siap. Kita programkan untuk rapat dilaksanakannya fit and proper test," tuturnya.

Dia memperkirakan fit and proper test bagi calon dubes akan digelar pada pekan depan. “Dua hari cukup untuk 23 calon dubes,” tegasnya.

Kang TB -sapaan TB Hasanuddin- meyakini nama-nama calon dubes yang diserahkan Presiden Jokowi ke DPR sudah melalui proses seleksi yang baik di Kementerian Luar Negeri ataupun Istana Kepresidenan. Secara khurus, Kang TB menyinggung koleganya di Komisi I DPR, Tantowi Yahya yang ditunjuk sebagai calon dubes RI untuk Selandia baru.

Kang TB menyebut Tantowi mumpuni menjadi duta besar Indonesia bagi negara sehabat. Sebab, politikus Golkar itu katanya memiliki kompetensi yang tinggi dan menguasai persoalan kawasan.

Apalagi Tantowi cakap dalam berbahasa Inggris. Karenanya, Kang TB menilai Jokowi sudah membuat keputusan tepat dengan menunjuk Tantowi sebagai dubes. "Cocoklah kalau dia (Tantowi, red),” pungkasnya.(dna/jpg)

Daftar Calon Dubes RI dan Ibu Kota Negara Tempatan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah melayangkan surat berisi nama-nama calon duta besar (dubes) RI ke pimpinan DPR. Asa 23 calon dubes yang akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News