DPR tak Sudi Disetir Pansel dan LSM

DPR tak Sudi Disetir Pansel dan LSM
DPR tak Sudi Disetir Pansel dan LSM
JAKARTA -- Delapan nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diusulkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah sampai ke meja pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Selanjutnya, DPR akan melakukan fit and proper test untuk memilih empat dari delapan nama menjadi pimpinan lembaga superbody itu.

Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso menegaskan, pihaknya tidak harus dipaksa untuk sama persepsi atau pendapat mengenai calon yang akan dipilih seperti pilihan panitia seleksi (pansel).

"Kami tidak harus mengcopy paste hasil pansel dan penilaian kalangan LSM. Yang baik kami sedot, kurang baik kami pasti punya pertimbangan tersendiri," kata Priyo, Jumat (19/8) di Jakarta. Dia menegaskan, DPR bersikap independen dan tidak terpengaruh dari kalangan manapun.

Kendati, kata dia, DPR telah mendengar pendapat dari Presiden SBY, Ketua Pansel Pemilihan Capim KPK, tapi DPR tetap memiliki kemerdekaan menyampaikan pendapat dan pilihan. "Kami punya kemerdekaan penuh untuk memilih yang terbaik dari (delapan calon) yang disodorkan presiden ke DPR," kata Priyo lagi.

JAKARTA -- Delapan nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diusulkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah sampai ke meja pimpinan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News