FPDIP Bakal Pastikan Pimpinan KPK Bukan Titipan

FPDIP Bakal Pastikan Pimpinan KPK Bukan Titipan
FPDIP Bakal Pastikan Pimpinan KPK Bukan Titipan
JAKARTA - Fraksi PDI Perjuangan akan mencermati delapan nama yang dinyatakan lolos seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Panitia Seleksi yang dipimpin Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar. Pasalnya, anak buah Megawati Soekarnoputri di DPR RI tak ingin pimpinan KPK mendatang merupakan pesanan pihak tertentu.

Ketua FPDIP DPR, Tjahjo Kumolo, menyatakan bahwa fraksi yang dipimpinnya dan anggota-anggotanya di Komisi III DPR sudah memonitor hasil kerja Pansel bentukan pemerintah. "Apakah dari delapan nama itu memang benar-benar ideal, atau memang itu yang sudah maksimal dihasilkan Pansel?" ujar Tjahjo saat dihubungi JPNN, Jumat (19/8).

Menurutnya, FPIDP membuka lebar masukan dari masyarakat tentang delapan nama yang akan diajukan Presiden ke DPR. Hal itu penting dilakukan sebelum calon-calon yang diajukan ke DPR menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Tjahjo menambahkan, FPDIP sudah mengantongi kriteria khusus tentang calon pimpinan KPK yang akan dipilih. "Yakni figur yang integritasnya teruji, independen, bukan pesanan pihak manapun dan siap membangun sistem di KPK tanpa kompromi," sebut Tjahjo.

JAKARTA - Fraksi PDI Perjuangan akan mencermati delapan nama yang dinyatakan lolos seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News