DPR Tegaskan, Kurikulum Baru Harus Diuji Coba Dulu

DPR Tegaskan, Kurikulum Baru Harus Diuji Coba Dulu
DPR Tegaskan, Kurikulum Baru Harus Diuji Coba Dulu
JAKARTA - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah memaparkan desain induk kurikulum 2013 secara detail di hadapan Komisi X DPR. Namun sejumlah wakil wakyat menilai masih ada hal mendasar yang belum dipenuhi Kemendikbud. Kalangan DPR menilai, kurikulum baru tersebut belum halal.

Anggota Komisi X DPR dari Fraksi PPP, Reni Marlinawati menegaskan, sesuai komitmen dalam rapat kerja Panja Kurikulum, pembahasan baru dilakukan setelah DPR memperoleh grand design kurikulum tersebut dari Kemdikbud.

"Saya masih melihat rumusan yang dipaparkan Menteri, bukan rumusan konseptual, hanya rumusan yang didasarkan pada asumsi pribadi dan parsial. Jadi yang dipaparkan itu bukan yang kita maksud (grand design)," tegas Reni saat ditemui di gedung DPR, Jakarta, Selasa (15/1).

Dijelaskan Reni, grand design kurikulum pendidikan nasional itu harus memiliki landasaran filosofis yang menjelaskan mengapa kurikulum harus diubah. Kemudian landasan yuridis, tidak masalah menggunakan UU Sisdiknas Nomor 20/2003. Tapi akan fatal ketika acuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) masih dijadikan acuan kurikulum 2013, yakni Permendiknas 23 dan 24 tahun 2006.

JAKARTA - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah memaparkan desain induk kurikulum 2013 secara detail di hadapan Komisi X DPR. Namun sejumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News