DPR Yakin Usaha Mengadu Dumba Dua Jenderal Polisi akan Sia-sia

DPR Yakin Usaha Mengadu Dumba Dua Jenderal Polisi akan Sia-sia
Bambang Soesatyo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo menilai adanya dua jenderal di kepolisian bukan sesuatu yang harus diperdebatkan. Apalagi dikhawatirkan ada matahari kembar dalam institusi yang kini dipimpin Jenderal Tito Karnavian.

Diketahui, selain Tito, mantan Wakapolri Budi Gunawan juga berpangkat jenderal begitu dirinya dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

"Salah besar jika diasumsikan kedua jenderal polisi itu akan bersaing. Sebaliknya, Polri akan semakin solid karena Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala BIN Jenderal Pol Budi Gunawan justru akan saling melengkapi dan saling mendukung," kata Bambang Soesatyo, Minggu (11/9).

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu juga menyebutkan, Polri kini memang memiliki dua jenderal bintang empat. Tetapi, dalam struktur institusi Polri, hanya ada satu jenderal bintang empat yang memegang komando yakni Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Benar bahwa Budi Gunawan pun jenderal polisi bintang empat. Tetapi secara kedinasan, dia sudah berada di luar struktur Polri, sehingga derajat kepangkatan Budi Gunawan tidak memberi pengaruh apa pun terhadap sistem komando di tubuh Polri," ujar politikus Golkar itu.

Ia memastikan kedua jenderal polisi ini tidak akan bersaing. Satu aspek yang tidak boleh dilupakan oleh berbagai kalangan adalah fakta bahwa baik Jenderal Tito maupun Jenderal Budi Gunawan adalah sosok perwira yang kualitas intelektualitasnya mumpuni dan sudah diakui berbagai pihak.

Keduanya, kata Bamsoet, paham betul profesionalisme. Jenderal Budi akan tetapi menghormati Kapolri, dan sebaliknya Jenderal Tito akan menghormati Kepala BIN. Karena Kapolri dan Kepala BIN bekerja untuk kepentingan negara, keduanya sudah pasti akan membangun sinergi.

Faktor lain yang juga patut digarisbawahi adalah fakta bahwa kedua jenderal polisi itu secara personal memiliki hubungan yang sangat baik. Keduanya saling menghormati dan menghargai.

JAKARTA - Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo menilai adanya dua jenderal di kepolisian bukan sesuatu yang harus diperdebatkan. Apalagi dikhawatirkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News