DPRD Ingatkan Anies Soal RPJMD Salah Sasaran

DPRD Ingatkan Anies Soal RPJMD Salah Sasaran
Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, berharap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta tahun 2018-2022 tepat sasaran.

Sebab, hal ini menyangkut program kerja yang akan dijalankan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno selama lima tahun ke depan.

"Kami meminta RPJMD disusun dengan fokus. Contohnya soal penanganan RW kumuh dan genangan air. Harusnya, penanganan banjir Jakarta diuraikan dengan angka-angka yang konkrit, dan bukan hanya pada luarnya saja," ujar anggota Komisi D DPRD DKI Manuara Siahaan di Jakarta, Rabu (11/4).

Manuara menilai, RPJMD akan tepat sasaran dan fokus, apabila waktu yang disediakan untuk pembahasan cukup. Dengan begitu, keinginan Pemprov DKI memajukan kota dan membahagiakan warga Jakarta dapat direalisasikan.

Politisi PDIP ini mengungkapkan, setelah membaca RPJMD itu terkesan tidak ada kesinambungan program di era gubernur sebelumnya dengan program Anies-Sandi.

Padahal, banyak program bagus yang sudah dibuat pemimpin terdahulu, dan tinggal melanjutkan saja. Program yang bagus di era gubernur sebelumnya sangat wajar dilanjutkan, misalnya pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). “Tinggal dipoles untuk lebih bagus lagi," kata Manuara.

Lebih lanjut, Manuara mencatat, ada beberapa koreksi yang juga sudah dipaparkan dalam Rapat Paripurna terkait RPJMD di gedung DPRD DKI Jakarta, beberapa hari lalu. Pertama tentang tata ruang, yakni terkait Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Obligasi Daerah.

Hal tersebut berujung pada ketidakjelasan program pembangunan RPTRA, perpustakaan, pelestarian 13 sungai, pengolahan air Danau Pluit menjadi air minum serta kebersihan pantai laut Jakarta.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, berharap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta tahun 2018-2022 tepat sasaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News