DPRD Jember Beri Rapor Merah untuk Bu Gatot alias Bupati Gagal Total

DPRD Jember Beri Rapor Merah untuk Bu Gatot alias Bupati Gagal Total
David Handoko Seto membacakan rekomendasi DPRD Jember terhadap LKPj Bupati Jember TA 2019, disiarkan melalui channel youtube DPRD Jember, Senin (8/6/2020). Foto: tangkpan layar/ ANTARA/ Zumrotun Solichah

jpnn.com, JEMBER - DPRD Kabupaten Jember, Jatim, memberikan rapor merah terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Jember Faida tahun anggaran 2019.

"Banyak program yang capaian kinerja dan serapannya rendah dan gagal dijalankan, serta pelaksanaan program yang dijalankan tidak maksimal, sehingga kalau rapor ya tentu rapor merah," kata politikus Partai Nasdem David Handoko Seto yang juga salah satu juru bicara yang membacakan rekomendasi DPRD Kabupaten Jember atas LKPJ Bupati Faida, dalam rapat paripurna yang digelar di ruang sidang utama gedung DPRD setempat, Senin (8/6).

David mengatakan, berdasarkan penilaian dewan baik secara makro maupun mikro dalam penyelenggaraan program berdasarkan urusan, maka banyak program kerja yang dinilai gagal dijalankan oleh perangkat daerah.

"Jadi layak jika kemudian saya sebut LKPj kali ini ‘Bu Gatot’ atau kepanjangan dari bupati gagal total, sehingga kami berharap LKPj itu bisa ditembuskan kepada aparat penegak hukum," tuturnya.

Ia mengatakan kendala yang bervariasi dan sebagian besar adalah kendala administratif, serta belum adanya petunjuk dalam pelaksanaan karena kebijakan sistem pengelolaan anggaran dan program yang cenderung sentralistis yakni semua kegiatan harus didasarkan pada desk yang dilakukan bupati, serta petunjuk dan persetujuan melalui SK Bupati.

"Dampaknya sebagian besar realisasi program yang dijalankan sifatnya rutin, sehingga serapan anggaran rendah berdampak SILPA yang besar dan masyarakat pastinya dirugikan," tuturnya.

DPRD Jember juga menyoroti banyaknya mutasi yang berdampak beberapa jabatan mengalami kekosongan dan dilaksanakan Pelaksana tugas (Plt) menjadikan beeberapa penyelenggaraan urusan capaian kinerjanya rendah.

"Peningkatan IPM ternyata menampakan persoalan ketimpangan yang tajam antara angka harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah. Hal itu menunjukkan pemerintah gagal memahami pendidikan secara luas," katanya.

DPRD Kabupaten Jember, Jatim, menyebut Bupati Jember Faida sebagai Bu Gatot alias Bupati Gagal Total sehingga diberi rapor merah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News