Dua Caleg Petahana Ini Berpeluang Besar Terpilih Lagi

Dua Caleg Petahana Ini Berpeluang Besar Terpilih Lagi
Pemilu 2019. Ilustrasi: radartegal.com

jpnn.com, JAKARTA - Etos Indonesia Institute merilis hasil survei lima besar anggota DPR RI dan DPD RI yang layak kembali dipilih oleh masyarakat di Pemilu 2019 mendatang. Survei ini menempatkan Bambang Soesatyo dan Effendi M S Simbolon kandidat tertinggi lolos ke parlemen.

Direktur Eksekutif Etos Indonesia Institute Iskandarsyah mengatakan survei dilakukan ke seluruh masyarakat Indonesia berusia 17 tahun sejak 1 Oktober sampai 14 Oktober 2018. Sampel yang diambil sebanyak seribu responden dengan margin of error tiga persen, dan tingkat kepercayaan 90 persen.

“Para responden diwawancarai melalui tatap muka oleh pewawancara handal yang telah kami siapkan. Kualitas terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen," kata Iskandar di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (22/11).

Dalam hasil survei nama anggota DPR RI yang diajukan kepada responden sebanyak 560 orang yang masih menjabat dan 132 anggota DPD RI. Dari nama itu tersaring 125 nama anggota DPR RI yang masih layak dipilih.

“Kemudian mengerucut lagi ada sepuluh nama anggota DPR RI yang memiliki tingkat pemilih yang tinggi," ucap dia.

Dari sepuluh besar ini, pihaknya kembali mengerucutkan ke lima besar nama yang pemilihnya tinggi yaitu Bambang Susatyo dengan presentase 21 persen, Effendi M.S Simbolon 19 persen, Dede Yusuf 18,5 persen, Sufmi Dasko Ahmad 17 persen, Michael Watimena 15 persen dan pemilih lainnya 9,5 persen.

Sementara anggota DPD RI yang masuk lima besar yaitu Ahmad Muqowam 19 persen, Abdul Gaffar Usman 18 persen, Arya Wedakama 17,3 persen, Mervin Sadipun Komber 15 persen dan Mohammas Saleh 13 persen. Sisanya 17,7 persen pemilih lainnya yang masuk ke sepuluh besar.

"Dengan demikian survei yang dikeluarkan ini dipastikan lima besar anggota DPR RI dan DPD RI yang sudah dirilis akan kembali terpilih kembali. Karena mereka ini konsituennya jelas, basis massa juga jelas," tukas dia.

Etos Indonesia Institute merilis hasil survei lima besar anggota DPR RI dan DPD RI yang layak kembali dipilih oleh masyarakat di Pemilu 2019 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News