Dua Emas Pertama Indonesia di ABG dari Pencak Silat

Dua Emas Pertama Indonesia di ABG dari Pencak Silat
Ekspresi pesilat Gusti Ngurah Arya Yuda, usai mendapat medali emas.
NUSA DUA – Merah Putih akhirnya berkibar di hari kedua pelaksanaan Asian Beach Games (ABG) I/2008 di Bali. Lewat pesilat Gusti Ngurah Arya Yuda Parmita di nomor seni tunggal pria serta pasangan Ni Made Dwiyanti dan Sang Ayu Ketut Sidan di nomor seni ganda wanita, Indonesia memperoleh dua medali emas.

Torehan itu menjadikan tuan rumah sebagai negara pertama perebut medali emas ABG 2008. Didukung penonton tuan rumah, penampilan Gusti Ngurah Arya Yuda di Tanjung Benoa Minggu (19/10) memikat dewan juri.

Mengandalkan senjata golok dan toya, gerakan Arya begitu atraktif dan penuh penghayatan. ”Prediksinya 99 persen bisa dapat emas. Tadi, kami memang lebih unggul. Penghayatan dan kekayaan teknik yang dilakukan jauh di atas lawan-lawan,” kata Wayan Suwita, pelatih timnas pencak silat.

Penampilan Arya membuatnya meraih poin tertinggi. Dia mengalahkan enam pesilat dari Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, dan Vietnam. Total nilai Arya adalah 457. Medali perak di kelas tersebut diperoleh Anh Nguyen Viet (Vietnam) dengan 450 poin. Sedangkan perunggu direbut pesilat Brunei M. Khairul Bahrain dengan 449 poin.

Tidak kalah dengan Arya, penampilan pesilat Sang Ayu Ketut Sidan dan Ni Made Dwiyanti di nomor seni ganda wanita juga mampu menyihir juri. Perpaduan seni dan silat keduanya memberikan suguhan memikat.

Bantingan, tangkisan, dan ”pertarungan” dua pesilat Bali itu terlihat alami. Alhasil, Sang Ayu dan Dwiyanti mampu menyingkirkan perlawanan tiga pesaing lain. Poin keduanya tertinggi, 570.

Perak di kelas tersebut disabet Bin Nguyen Thi dan Thai Vu Thi (Vietnam) dengan 562 poin. Sedangkan perunggu menjadi milik Maslinda Zakaria dan Kamilah Sulong (Malaysia) dengan 535 poin.

Hari ini Indonesia kembali berpeluang merebut medali emas dari cabang beach pencak silat. Itu menyusul lolosnya pesilat Nyoman Suparniti di kelas tanding tunggal wanita ke semifinal. Pesilat asal Klungkung, Bali, tersebut menang telak atas Emy Latip (Malaysia) dengan skor telak 5-0. Di semifinal, Suparniti ditunggu Montuthai Bangsalad. Suparniti optimistis hari ini bisa menang. ”Doakan saja. Dia sudah pernah saya kalahkan di SEA Games lalu,” tandasnya.

NUSA DUA – Merah Putih akhirnya berkibar di hari kedua pelaksanaan Asian Beach Games (ABG) I/2008 di Bali. Lewat pesilat Gusti Ngurah Arya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News