Dua Jam, Bendera Bulan Bintang Berkibar Diiringi Azan

Dua Jam, Bendera Bulan Bintang Berkibar Diiringi Azan
Bendera Bulan Bintang berkibar di Halaman Mess Wali Nanggroe Aceh di Jalan Pemancar, Jaya Baru, Banda Aceh, Kamis (3/12) pagi. Foto: Rakyat Aceh/JPG

jpnn.com - BANDA ACEH – Sehari jelang Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-39, Bendera Bulan Bintang berkibar di Halaman Mess Wali Nanggroe Aceh di Jalan Pemancar, Jaya Baru, Banda Aceh, Kamis (3/12) pagi sekira pukul 09.00 WIB.

Pengibaran bendera yang dikeramatkan ini dilakukan belasan Kombatan GAM. Upacara berlangsung tertib dan bendera berkibar setengah tiang selama dua jam lamanya

Pengibaran bendera dilakukan untuk mengenang jasa perjuangan mereka yang meninggal saat konflik terjadi di Aceh.

"Kita menaikan bendera bulan bintang, untuk mengenang jasa saudara kami yang meninggal. Tidak ada maksud membuat kekacauan ataupun lainnya, hanya mengenang jasa dan mendoakan mereka," kata Rizal salah seorang yang melakukan pengibaran bendera bulan Bintang. 

Pengibaran bendera di aksikan beberapa aparat kepolisian. Petugas dari Polsek Jaya Baru yang tiba di  lokasi setelah bendera itu dinaikan, langsung meminta untuk  diturunkan. Namun  permintaan tidak direspon Anggota Komisi Peralihan Aceh (KPA).

Kendati demikian, pihak kepolisian tidak melakukan tindakan tegas, selanjutnya melakukan negosiasi.

"Kita menaikkan bendera, selain mencintai bendera, juga dalam rangka melakukan upacara untuk mendoakan mereka yang dulu bersama kami. Ini merupakan hak kita untuk mendoakan mereka semoga diberikan tempat yang layak di sisinya," sebut Rizal lagi.

Dia juga mengatakan, sebelum mereka menaikan bendera, pihaknya melakukan doa bersama di mulai dari pukul 08.00 WIB. Kemudian dilanjutkan upacara penaikan dan penurunan bendera. Azan berkumandang saat bendera dinaikan dan diturunkan pada pukul 11.00 Wib.

BANDA ACEH – Sehari jelang Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-39, Bendera Bulan Bintang berkibar di Halaman Mess Wali Nanggroe Aceh di Jalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News