Dua Juta Hektar Lahan Pertanian Siap Panen

Dua Juta Hektar Lahan Pertanian Siap Panen
Dua Juta Hektar Lahan Pertanian Siap Panen
JAKARTA - Musim hujan yang datang lebih awal di tahun ini, membawa berkah bagi para petani. Bila biasanya dalam setahun hanya ada sekali panen, maka tahun ini akan ada dua kali musim panen. Stok pangan pun dijamin aman bahkan surplus hingga akhir tahun.

Kepada wartawan, Rabu (18/8), usai memimpin rapat koordinasi terbatas, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan, musim panen tahun ini akan berlangsung dua kali, yakni pada bulan Agustus dan bulan September. "Bukan hanya panen dua kali, tahun ini juga akan ada penambahan luas lahan yang siap panen, menjadi 2 juta hektar lebih. Artinya, akan ada penambahan stok beras kita, dan dijamin aman hingga akhir tahun," kata Hatta.

Meski stok dijamin aman, namun kata Hatta, pemerintah akan tetap mewaspadai berbagai kendala dalam hal distribusi pangan sampai ke masyarakat. "Setelah kami analisa, yang menjadi kendala biasanya cuaca, sehingga mempengaruhi rantai distribusi. Inilah yang akan kami waspadai. Secara stok, sudah aman terkendali," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Suswono menambahkan bahwa Kementan akan mewaspadai masa panen yang diakibatkan peralihan cuaca. "Di balik berkah, ada juga masalahnya, yakni terjadi serangan hama. Tapi semuanya akan kita antisipasi. Dengan musim panen yang bisa dua kali, tahun ini kita bisa surplus beras hingga 5,5 juta ton. Sedangkan kebutuhan kita tahun ini tidak akan lebih dari 34 juta ton," jelasnya.

JAKARTA - Musim hujan yang datang lebih awal di tahun ini, membawa berkah bagi para petani. Bila biasanya dalam setahun hanya ada sekali panen, maka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News