Serap 2,4 juta Tenaga Kerja Pertahun

Serap 2,4 juta Tenaga Kerja Pertahun
Serap 2,4 juta Tenaga Kerja Pertahun
JAKARTA - Kondisi perekonomian Indonesia yang kian membaik menumbuhkan optimisme pemerintah. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar optimis dapat melakukan penyerapan tenaga kerja dan penciptaan lapangan kerja baru sebanyak 10,7 juta hingga tahun 2014. Artinya, tiap tahun target penyerapan tenaga kerja sebanyak 2,4 juta orang.

"Insya Allah dalam setiap 1 persen pertumbuhan ekonomi akan menyerap 400 ribu dan 500 ribu tenaga kerja. Sehingga, dengan pertumbuhan ekonomi 6 persen dapat menyerap hingga 2,4 juta tenaga kerja setiap tahun," terang Muhaimin usai memimpin Upacara Bendera HUT ke-65 Kemerdekaan RI di Kantor Kemnakertrans, Selasa (17/8) kemarin.

Muhaimin mengatakan, salah satu sumber penyerapan tenaga kerja dan penciptaan lapangan kerja adalah pertumbuhan ekonomi. Dimana hal itu akan menghasilkan produksi industri dan jasa yang secara langsung menyerap tenaga kerja. Selain pertumbuhan ekonomi, penyerapan dilakukan dengan pelaksanaan berbagai program Kemenakertrans. Salah satunya adalah program kerja yang sifatnya padat karya maupun subsidi-subsidi program.

"Kami akan manfaatkan balai latihan kerja (BLK) yang akan memberikan kemampuan dan fasilitas kompetensi untuk penyerapan tenaga kerja. Insya Allah dengan model penyerapan pertumbuhan ekonomi dengan balai latihan kerja dan seluruh program akan terserap 10,7 juta sampai tahun 2014," ujarnya.

JAKARTA - Kondisi perekonomian Indonesia yang kian membaik menumbuhkan optimisme pemerintah. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News