Dua Masjid di Jalur Gaza jadi Sasaran Rudal Israel

Dua Masjid di Jalur Gaza jadi Sasaran Rudal Israel
Dua Masjid di Jalur Gaza jadi Sasaran Rudal Israel

jpnn.com - GAZA – Militer Israel menggempur dua masjid di Jalur Gaza lewat serangan udara. Itu menandai akhir hari kelima invasi Israel ke bumi Palestina tadi malam. Petinggi militer Israel berdalih Hamas menyembunyikan roket di tempat ibadah tersebut. Itu tentu saja dibantah keras oleh Hamas. Kelompok pejuang Palestina tersebut menyatakan, Israel menyerang dua masjid dan mengutuk tindakan biadab tersebut.

”Pengeboman terhadap dua masjid di Gaza pada malam hari menunjukkan betapa barbarnya musuh kami,” kata Juru Bicara Hamas Husam Badran di Doha, Qatar, sebagaimana dilansir kantor berita Associated Press tadi malam.

Menurut Husam, tindakan tersebut memberi mereka hak untuk memperluas balasan terhadap tentara pendudukan Israel.

Pihak militer Israel mengatakan, roket yang disembunyikan di masjid serupa dengan hampir 700 roket yang telah ditembakkan Hamas kepada Israel dalam lima hari terakhir. Terkait masjid yang kedua, Israel sedang melakukan investigasi. Militer Israel telah merilis sebuah foto udara masjid yang diserang, tepat di samping tempat ibadah lain dan rumah warga sipil.

Pihak militer Israel juga mengatakan, Hamas, Jihad Islam, dan kelompok militan Gaza lainnya menyalahgunakan tempat ibadah untuk menyembunyikan senjata dan membangun terowongan bawah tanah.

”Hamas secara sistematis mengeksploitasi dan menempatkan orang Palestina di Gaza dalam bahaya. Mereka juga menempatkan posisi di daerah sipil dan masjid,” klaim Juru Bicara Militer Israel Letnan Kolonel Peter Lerner.

Karena semakin gentingnya situasi di Gaza, Duta Besar RI untuk Mesir Nurfaizi Suwandi mengimbau semua relawan dari Indonesia untuk sementara mengurungkan niat ke Jalur Gaza lantaran kondisi keamanan dan sulitnya izin masuk ke wilayah bergolak itu.

”Para relawan Indonesia hendaknya tidak berkunjung ke Gaza dalam kondisi saat ini,” kata Dubes Nurfaizi di Kairo Jumat (11/7) waktu setempat atau kemarin siang WIB.

GAZA – Militer Israel menggempur dua masjid di Jalur Gaza lewat serangan udara. Itu menandai akhir hari kelima invasi Israel ke bumi Palestina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News