JPNN.com

Dua Perempuan Terpilih Memimpin Uni Eropa

Kamis, 04 Juli 2019 – 07:39 WIB Dua Perempuan Terpilih Memimpin Uni Eropa - JPNN.com

jpnn.com, BRUSSELS - Sidang pemilihan pemimpin Uni Eropa akhirnya kelar. Di Brussels, Belgia, 28 kepala negara Uni Eropa akhirnya sepakat siapa saja yang bakal mengisi lima kursi petinggi Eropa. Kejutannya, dua kursi tersebut diisi perempuan.

Kandidat pertama adalah Christine Lagarde. Mantan menteri keuangan Prancis yang sudah memimpin International Monetary Fund (IMF) selama delapan tahun itu diusung sebagai kepala European Central Bank terbaru. Tentu, dia masih harus melalui proses verifikasi untuk resmi terpilih.

"Saya yakin dia akan memimpin dengan komitmen dan kewaspadaan yang tinggi," ujar Kanselir Jerman Angela Merkel menurut Agence France-Presse.

BACA JUGA: Strategi Indonesia Hadapi Uni Eropa soal Kelapa Sawit

Kejutan lebih besar datang dari pengganti Jean-Claude Juncker sebagai presiden Komisi Eropa. Nama yang muncul adalah Ursula von der Leyen. Menteri pertahanan Jerman itu akhirnya diusung setelah 18 jam perdebatan.

Pemilihan presiden Komisi Eropa berjalan cukup alot karena kandidat sebelumnya, Frans Timmermans, ditentang blok Visegrad Four. Hungaria, Polandia, Republik Ceko, dan Slovakia menolak keras pencalonan politikus sosial demokrat asal Belanda tersebut. (bil/c17/dos)

Sumber Jawa Pos

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...