Dua Personil TNI Tewas Diserang KKB Di Papua

Dua Personil TNI Tewas Diserang KKB Di Papua
Dua tentara tewas dibunuh separatis di Papua. (Reuters: Antara Foto Agency, file photo)

Dua anggota TNI tewas dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua hari Selasa (17/12/2019) demikian menurut keterangan resmi dari TNI.

Dua TNI tewas diserang separatis di Papua:

  • Gerakan separatis telah berkonflik dengan TNI di Papua selama satu dekade
  • Militer Indonesia sejak itu telah menjaga desa untuk memastikan keamanan penduduk
  • Seorang juru bicara militer mengatakan 10 pemberontak separatis menyerang kelompok tentara itu dan menewaskan dua diantaranya.

 

Kepala Dinas Penerangan TNI Kolonel Sus Taibur Rahman mengatakan dua anggota yang tewas tersebut adalah Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky.

"Kontak tembak yang terjadi pada Selasa (17/12) sekitar pukul 15.30 WIT, dan menyebabkan dua prajurit TNI gugur saat melaksanakan tugas dalam menjamin keamanan warga Papua," kata Kolonel Sus Taibur Rahman dalam keterangannya hari Rabu (18/2).

Sus Taibur menjelaskan, serangan itu terjadi saat pasukan TNI sedang melaksanakan patrol di desa Sugapa .

Sebelumnya Satgas Gakum TNI dan Polri beberapa kali menerima informasi dari warga masyarakat desa kalau warga masyarakat yang sedang melaksanakan persiapan perayaan Natal di desa itu mendapat gangguan keamanan.

"Warga diintimidasi, dan KKB melakukan kekerasan fisik, perampokan, pemerkosaan dan perampasan serta penjarahan harta benda." kata Sus Taibur,

"KKB itu diduga adalah pelaku penembakan terhadap tiga tukang ojek pada bulan Oktober 2019." Tambahnya.

Dua anggota TNI tewas dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua hari Selasa (17/12/2019) demikian menurut keterangan resmi dari TNI

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News