Dua Petinggi Tersangkut Hukum, NasDem Ditantang Berani Audit Internal

Dua Petinggi Tersangkut Hukum, NasDem Ditantang Berani Audit Internal
Ketua Umum NasDem, Surya Paloh. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (NasDem) menjadi sorotan. Usai dua pejabat terasnya, Ketua Mahkamah Partai Otto Cornelis Kaligis dan Sekjen Patrice Rio Capella dibelit kasus hukum, partai yang dipimpin Surya Paloh itu dituntut untuk melakukan pembenahan menyeluruh.

Peneliti dari Indonesian Corruption Watch, Emerson Yuntho menilai, mundur teraturnya Rio Capella dari partai, belum cukup untuk menunjukkan komitmen partai dalam memerangi korupsi. Emerson menantang Nasdem untuk melakukan audit internal. Tujuannya untuk memastikan partai pimpinan Surya Paloh itu bersih dari kasus yang menjerat Rio dan Kaligis.

"Jika hanya memutus kader yang terbukti tersangkut, itu terhitung masih setengah-setengah. Jangan-jangan ada kader lain yang terlibat," ujarnya di Cikini, Jakarta, Sabtu (17/10).

Jika hal tersebut dilakukan, partai sendiri yang nantinya akan mendapat citra positif masyarakat. Sebab berdasarkan pengamatannya, partai yang banyak melahirkan kader, kemudian tersangkut korupsi tidak akan mendapat kepercayaan publik.

Sedangkan dari Ketua DPP Nasdem, Taufik Basari mengaku partainya siap melakukan pembenahan menyeluruh pasca ditetapkannya Rio sebagai tersangka. "Kami akan lakukan pembenahan internal," tuturnya.

Saat ditanya teknisnya, setidaknya ada dua hal yang akan dilakukan. Pertama, partai akan memberikan pengarahan dan peringatan kepada semua kader untuk tidak melakukan korupsi. "Yang tidak patuh, silakan keluar," tuturnya.

Kedua, pihaknya akan mengevaluasi kebijakan atau peraturan yang bisa mengakibatkan perilaku korupsi. "Seperti dengan evaluasi sistem pencalegan dan sebagainya," ujar politisi yang akrab disapa Tobas tersebut. (far/gun)


JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (NasDem) menjadi sorotan. Usai dua pejabat terasnya, Ketua Mahkamah Partai Otto Cornelis Kaligis dan Sekjen Patrice


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News