Dua Tahun Holding UMi, Nasabah PNM Mekaar Makin Sejahtera

Dua Tahun Holding UMi, Nasabah PNM Mekaar Makin Sejahtera
Holding Ultramikro (UMi) yang terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. sebagai induk, bersama Pegadaian dan PNM telah memasuki tahun kedua. Foto: dok PNM

jpnn.com, JAKARTA - Holding Ultramikro (UMi) yang terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. sebagai induk, bersama Pegadaian dan PNM telah memasuki tahun kedua.

Kolaborasi ini banyak melahirkan inovasi untuk meningkatkan literasi keuangan dan kesejahteraan pelaku usaha mikro dan ultra mikro serta percepatan inklusi keuangan.

Nasabah PNM Mekaar menjadi salah satu yang merasakan manfaat dari bergabungnya ketiga entitas ini.

Direktur Utama BRI Sunarso menyatakan bahwa ultramikro dan UMKM selama ini menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

Namun, di sisi lain, memiliki akses terbatas pada layanan keuangan formal seperti perbankan, sehingga melalui Holding UMi tantangan tersebut diharapkan dapat terfasilitasi.

“Sampai Juni 2023, Holding UMi telah berhasil mengintegrasikan lebih dari 36 juta nasabah peminjam atau debitur, dan 162 juta nasabah simpanan mikro. Itu didukung oleh 1.013 unit kantor co-location (SENYUM/Sentra Layanan Ultra Mikro) yang dipakai bersama,” ujar Sunarso.

Dia menyebutkan bahwa 14,8 juta perempuan prasejahtera dilayani oleh Holding UMi melalui produk Mekaar dari PNM.

Produk pembiayaan PNM Mekaar dinilai ramah karena tanpa menggunakan jaminan tegasnya.

Holding Ultramikro (UMi) yang terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. sebagai induk, bersama Pegadaian dan PNM telah memasuki tahun kedua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News