JPNN.com

Dua Tokoh Ini Diusulkan Masuk Dewan Pengawas KPK

Sabtu, 14 September 2019 – 14:30 WIB Dua Tokoh Ini Diusulkan Masuk Dewan Pengawas KPK - JPNN.com
Ilustrasi KPK. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR Fraksi Partai Nasdem Zulfan Lindan mengusulkan tokoh seperti Artidjo Alkostar dan Kwik Kian Gie layak untuk masuk dalam Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi alias Dewas KPK.

Artidjo merupakan ahli hukum yang pernah menjabat hakim agung di Mahkamah Agung atau MA. Sementara Kwik merupakan ahli ekonomi yang pernah menjabat sebagai menteri koordinator ekonomi dan menteri perencanaan pembangunan nasional dan ketua badan perencanaan pembangunan nasional (Bappenas).

Zulfan yang juga anggota Panitia Kerja RUU KPK itu menegaskan, dua tokoh tersebut sudah tidak bisa diragukan lagi.

“Kwik Kian Gie siapa sih yang ragu sama beliau. Ada juga Artidjo seorang ahli hukum dan pernah jadi hakim agung. Siapa yang meragukan mereka," kata Zulfan dalam diskusi "KPK: Pimpinan Baru, dan Revisi Undang-Undang-nya", di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (14/9).

Zulfan tidak mempersoalkan kalau Dewas KPK diisi oleh sosok yang sudah berumur di atas 60 tahun.

“Saya tidak masalah kalau Dewan Pengawas diisi oleh mereka yang sudah berumur antara 60 tahun - 75 tahun. Di Jepang saja orang makin tua makin luar biasa," katanya.

Menurut Zulfan, Dewas KPK harus diisi orang-orang yang bersih dan bebas dari afiliasi politik apa pun.

"Harus betul-betul independen. Saya meminta orang-orang ini harus yang betul-betul bebas dari persoalan korupsi dan tidak ada kepentingan sama sekali," paparnya.(boy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...