Dua Warga Indonesia Ini Punya Belasan Gelar Sarjana, Mengapa Mereka Suka Belajar?

Dua Warga Indonesia Ini Punya Belasan Gelar Sarjana, Mengapa Mereka Suka Belajar?
Welin Kusuma memiliki 15 gelar akademis mulai dari universitas negeri sampai universitas terbuka. (Foto: Supplied)

Memiliki gelar akademis mungkin bukan hal yang istimewa lagi untuk masyarakat Indonesia pada umumnya. Tapi bagaimana bila Anda bertemu dengan mereka yang memiliki bukan hanya satu atau dua, tapi lima belas gelar akademis?

Gelar Welin Kusuma

 

Kesukaan Welin Kusuma untuk belajar tumbuh sejak duduk di bangku SD, dan masih terpelihara hingga 30 tahun kemudian, bahkan ketika ia sudah memiliki 15 gelar akademis.

Bila ditulis secara lengkap, pria kelahiran Makassar yang kini tinggal di Surabaya tersebut bernama Welin Kusuma S.T, S.E, S.Sos, S.H., S.Kom., S.S., S.AP., S.Stat., S.Akt., S.I.Kom, S.I.P., S.Mat., M.T., M.SM., M.Kn,.

Welin mendapatkan gelar-gelar tersebut mulai dari universitas negeri hingga universitas terbuka.

Dari 15 gelar akademis yang dimilikinya, tujuh di antaranya diperoleh dari universitas terbuka, mengingat biayanya yang terjangkau.

Kepada ABC, Welin yang juga memiliki 20 gelar profesi, mengatakan bahwa ilmu yang ia dapatkan dari delapan universitas tersebut tidak ada yang terbuang sia-sia.

"Saya rasa ilmu saya terpakai semua. Jadi selain saya [pakai] untuk kerja, saya pakai juga buat mengajar, walaupun tidak mengajar secara reguler, [misalnya ketika] saya diundang ke seminar atau membimbing mahasiswa yang kesulitan."

Memiliki gelar akademis mungkin bukan hal yang istimewa lagi untuk masyarakat Indonesia pada umumnya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News