Dualisme DPP Golkar Belum Reda, DPD Sulsel Gelar Apel Siaga

Dualisme DPP Golkar Belum Reda, DPD Sulsel Gelar Apel Siaga
Syahrul Yasin Limpo. Foto: Int/Fajar

jpnn.com - MAKASSAR - Konflik internal yang melahirkan dua kubu di DPP Partai Golkar belum juga mereda.  Kader "beringin rindang" di Sulsel berupaya mencari solusi jalan tengah. Yakni mengumpulkan ribuan kader, strukutral partai hingga legislator dalam sebuah kegiatan Apel Siaga.

Termasuk menghadirkan 33 DPD I Golkar se tanah air. Bukan tidak mungkin, langkah menggelar apel siaga tersebut digadang-gadang untuk melahirkan poros baru di dualisme Golkar saat ini. Apalagi, Sulsel kerap digiring masuk ke dalam salah satu kubu.

Beredar informasi, bila Apel Siaga juga salah satu reklomendasinya untuk menggalang dukungan menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar.

Pengamat Politik Unhas, Andi Haris mengatakan langkah tersebut sangat memungkinkan, terutama untuk upaya rekonsiliasi kepengurusan.

"Bisa jadi sampai kesitu. Apalagi momen ini langkah yang sangat bagus, bagaimana bisa menyatukan dualisme kepengurusan di internal Golkar," kata Haris, kemarin.

Menurutnya, ketokohan Syahrul Yasin Limpo sebagai ketua DPD Golkar Sulsel, diuji.  Bila berhasil merekonsiliasi dualisme kepengurusan tersebut, akan berpengaruh signifikan bagi posisinya di level DPP.

Soal agenda Munaslub, sepanjang disetujui 2/3 anggota yang memiliki hak suara, maka itu pun dimungkinkan. Namun untuk merealisasikan itu, kata Haris tidaklah segampang yang diucapkan. Sebab saat ini dua kubu tersebut masing-masing mempertahankan prinsipnya.

"Kekhawatirann ya bila ada diantara dua kubu tersebut berfikir yang tidak-tidak tentang apel siaga yang digagas Golkar Sulsel ini sebagai kubu lawannya. Maka bisa jadi justru menimbulkan persoalan baru di Golkar," katanya. (fajar/jpnn)

MAKASSAR - Konflik internal yang melahirkan dua kubu di DPP Partai Golkar belum juga mereda.  Kader "beringin rindang" di Sulsel berupaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News