Duar! Penyulingan Minyak Ilegal Meledak di Muba

Duar! Penyulingan Minyak Ilegal Meledak di Muba
Suasana penyulingan minyak ilegal di Muba, Sumsel, setelah meledak dan terbakar. FOTO:YUDI/SUMATERA EKSPRES

jpnn.com, MUBA - Sebuah penyulingan minyak ilegal di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumsel, kembali meledak dan terbakar.

Lokasinya di Desa Serekah, Kecamatan Babat Toman. Kejadiannya, Selasa (19/9), sekitar pukul 09.30 WIB. Asap hitam tebal membumbung tinggi ke udara.

Terlihat jelas dari pinggir ruas Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sekayu-Musi Rawas (Mura).

Kobaran api menghanguskan satu tungku masak minyak dan puluhan drum berisikan minyak mentah. Tak ada korban dari kejadian itu. Lanzia, pemilik penyulingan, dan pekerjanya berhasil menyelamatkan diri dari kobaran api.

Mereka berusaha memadamkan kebakaran di areal penyulingan itu dengan menyemprotkan air busa detergen. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.30 WIB.

“Pekerja tengah sibuk memasak minyak mulai pukul 09.00 WIB,” kata salah seorang warga sekitar.

Diduga, pekerja lalai menutup rapat tutup tangki masak. Percikan api lalu menyambar ke minyak yang dimasak. “Terdengar suara ledakan yang cukup keras beberapa kali. Mungkin dari drum-drum berisi minyak,” jelasnya.

Total, ada 11 drum minyak mentah yang ludes akibat kebakaran itu. Pascakejadian tersebut, pemilik penyulingan dan para pekerja tak ada lagi di lokasi.

Sebuah penyulingan minyak ilegal di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumsel, kembali meledak dan terbakar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News