Dubes dan Konjen RI Harus Jeli Lihat Peluang Bisnis

Dubes dan Konjen RI Harus Jeli Lihat Peluang Bisnis
Dubes dan Konjen RI Harus Jeli Lihat Peluang Bisnis
MUMBAI - Ketua DPR RI Marzuki Alie menyatakan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Konsulat Jenderal (Konjen) RI di luar negeri harus lebih kreatif dan cermat dalam melihat peluang yang dapat dimanfaatkan Warga Negara Indonesia (WNI). Menurut Marzuki, ada banyak peluang di luar negeri yang sebenarnya bisa dimanfaatkan, tapi Indonesia selalu terlambat dari bangsa lain.

Hal itu disampaikan Marzuki di sela-sela kunjungan kerjanya ke India, Jumat (3/8). "Kita selalu terlambat melihat peluang di negara-negara yang ada Dubes-nya. Di Belanda kita punya potensi, tapi China dan India lebih cepat. FDi Myanmar juga begitu, kita kalah cepat dari China dan Malaysia," kata Marzuki yang didampingi Ketua Badan Kerjasama Antar-Parlemen (BKSAP) Surahman Hidayat dan wakilnya, Sidharto Danusubroto.

Lebih lanjut Marzuki mengatakan, kedubes-kedubes yang ada sering tidak dimaksimalkan keberadaannya. Padahal, sebut Marzuki, para pengusaha di dalam negeri butuh informasi dari KBRI tentang peluang bisnis di negara lain.

"Jadinya lebih banyak pengusaha kita yang hanya besar di kampung sendiri. Kalaupun besar di luar ya sendirian saja, itu pun karena usaha sendiri, kemampuan sendiri. Tapi selebihnya berkutat di dalam negeri," ulasnya.

MUMBAI - Ketua DPR RI Marzuki Alie menyatakan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Konsulat Jenderal (Konjen) RI di luar negeri harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News