Duduk berjam-jam Dapat Sebabkan Serangan Jantung

Duduk berjam-jam Dapat Sebabkan Serangan Jantung
Duduk berjam-jam Dapat Sebabkan Serangan Jantung
ANDA mungkin sering duduk lama dikursi pesawat dan berdiri ketika pesawat mendarat. Situasi yang sama terjadi ketika anda melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kereta api, bus atau kendaraan pribadi.

Tetapi tahukah anda, bahwa duduk berjam-jam dapat mengakibatkan penggumpalan darah yang sangat berbahaya bagi jantung anda?

"Duduk di posisi yang sama selama berjam-jam dapat menyebabkan pembekuan darah di kaki, yang bisa berakibat fatal pada jantung jika tidak mendapatkan penanganan segera," kata Kardiolog Interventional Columbia Hospital Asia Dr Anil Bansal menurut laman Times of India, Selasa ( 7/5 ).

DVT atau deep vein thrombosis, adalah pembekuan darah yang terbentuk di dalam pembuluh darah dalam kaki atau panggul. Duduk berjam-jam dapat menyebabkan pembekuan darah, dan ketika anda kembali berdiri maka darah yang sudah terbebaskan tersebut melakukan perjalanan hingga ke paru-paru di mana mereka berubah menjadi emboli paru (PE).

ANDA mungkin sering duduk lama dikursi pesawat dan berdiri ketika pesawat mendarat. Situasi yang sama terjadi ketika anda melakukan perjalanan jarak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News