Duet Ganjar-Risma pada Pilpres 2024, Pengamat: Peluang Menangnya Kecil

Duet Ganjar-Risma pada Pilpres 2024, Pengamat: Peluang Menangnya Kecil
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat wawancara program Ngompol (Ngomongin Politik) JPNN.com, Jakarta, Rabu (12/8). Foto : Ricardo

jpnn.com, SURABAYA - Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga mengomentari isu duet Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Sosial Tri Rismaharini pada Pilpres 2024.

Menurut Jamiluddin, duet Ganjar-Risma sesuatu yang wajar. Pasalnya, keduanya memiliki popularitas, elektabilitas cukup memadai, dan berpengalaman di birokrasi.

"Ganjar dan Risma termasuk sosok yang gemar pencitraan. Segala cara akan mereka lakukan untuk meningkatkan citra diri mereka," kata Jamiluddin kepada JPNN.com, Sabtu (22/5).

Hanya saja, mantan dekan FIKOM IISIP Jakarta itu mempersoalkan Ganjar-Risma yang berasal dari gerbong yang sama yakni PDIP. Dukungan tentunya banyak dari internal partai.

"Tentu tidak menguntungkan dalam upaya memperoleh dukungan massa dari luar PDIP," ujar Jamiluddin.

Di sisi lain, Penulis buku Perang Bush Memburu Osama itu memprediksi, partai berlambang kepala banteng tersebut bakal sulit memberi tiket kepada Ganjar-Risma pada pilpres 2024.

Sebab, dia melihat kader PDIP lainnya seperti Ketua DPR RI Puan Maharani, lebih berkeinginan memperoleh tiket tersebut. 

"Megawati Soekarnoputri kelihatan akan lebih memilih putrinya dari pada Ganjar atau Risma. Sebagian besar petinggi DPP PDIP juga akan lebih memilih Puan," ucap Jamiluddin.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga membaca peluang duet Ganjar dan Risma pada Pilpres 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News