Dugaan Aksi Pembantaian di Yahukimo, Berapa Jumlah Korban?

Dugaan Aksi Pembantaian di Yahukimo, Berapa Jumlah Korban?
Menko Polhukam Wiranto. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menkopolhukam Wiranto membenarkan terjadinya penyerangan dan dugaan pembantaian terhadap pendulang emas di Yahukimo, Papua.

"Kemarin ada pertanyaan tentang kejadian di Yahukimo, belum saya jawab. Sudah ditanyakan, diperiksa, dicek di Yahukimo gimana sih?" katanya, saat konferensi pers situasi terkini Papua, di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan pada tanggal 2-3 September 2019 memang terjadi serangan terhadap pendulang emas ilegal. Para pendulang atau penambang emas ilegal itu berasal dari luar daerah, kata dia, dan sekarang ini sebanyak 253 penambang itu melarikan diri ke Tanah Merah, Boven Digoel, Papua.

"Aparat keamanan sekarang (kemarin, red) sudah mulai mengamankan daerah itu supaya tidak terjadi bentrokan-bentrokan yang menimbulkan korban," kata Wiranto.

Sebelumnya Kapolda Papua Irjen Rudolf Albert Rodja menyebutkan adanya laporan tentang beberapa orang pendulang emas di wilayah Kabupaten Yahukimo telah dianiaya dan dibunuh.

BACA JUGA: Pasukan TNI dan Brimob Dikirim ke Lokasi Pembantaian di Perbatasan Yahukimo

Namun, belum diketahui pasti berapa jumlahnya dan bagaimana nasib mereka karena lokasi pendulangan emas itu berada jauh dari ibu kota Kabupaten Yahukimo.

"Saya sudah mendapat laporan awal dari Kapolres Yahukimo dan Kapolres Asmat," ujar Irjen Rodja, di Jayapura, Senin malam.

Menkopolhukam Wiranto mengatakan, aparat keamanan dikirim ke lokasi terjadinya dugaan pembantaian di perbatasan Yahukimo, Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News