JPNN.com

Duh! Arab Saudi Kembali Setop Akses Umrah untuk Jemaah Indonesia

Senin, 16 November 2020 – 19:49 WIB
Duh! Arab Saudi Kembali Setop Akses Umrah untuk Jemaah Indonesia - JPNN.com
Ilustrasi Ka'bah di Masjidilharam, Makkah. Foto: Yasser Bakhsh/REUTERS

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi kembali menutup proses visa penyelenggaraan ibadah umrah untuk jemaah haji Indonesia.

Keputusan itu terkait ditemukannya 13 jemaah umrah asal Indonesia yang terkonfirmasi COVID-19.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman mengungkapkan, tim dari Kemenag bertemu dan berkoordinasi dengan Kementerian Haji dan Umrah serta pihak lain yang terkait.

“Saat ini Pemerintah Arab Saudi sedang menutup proses visa dalam rangka melakukan evaluasi dan pengaturan terhadap penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia,” kata Oman yang diutus Menag Fachrul Razi untuk mengidentifikasi sekaligus mengantisipasi permasalahan yang terjadi selama jemaah berada di Arab Saudi, Senin (16/11).

Berdasarkan hasil pengawasan, Kemenag meminta Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk melakukan persiapan secara lebih komprehensif terkait penyelenggaraan umrah di masa pandemi, termasuk dalam sosialisasi dan edukasi jemaah.

PPIU yang akan memberangkatkan jemaah umrah pada masa pandemi COVID-19 harus mempersiapkan jemaahnya.

Jadi, PPIU harus memberikan edukasi secara intensif dan terperinci terkait prosedur pelaksanaan ibadah umrah saat pandemi.

Menurut Oman, edukasi dan sosialisasi harus dilakukan agar sebelum berangkat, jemaah benar-benar memahami dan memaklumi situasi dan kondisi di Arab Saudi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha