Duh, Banyak TKI Mudik Secara Illegal

Duh, Banyak TKI Mudik Secara Illegal
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com - JOHOR BAHRU - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meninjau kegiatan mudik WNI di Pelabuhan Kukup Johor dan Pelabuhan Stulang Laut, Johor Bahru, Senin (4/7). Jonan tak sendiri, dia didampingi oleh Menko Kemaritiman Rizal Ramli.

Jonan menjelaskan, salah satu agenda penting dari peninjauan itu adalah untuk mencari jalan keluar, terkait banyaknya kapal illegal yang mengangkut TKI dari Malaysia ke sejumlah daerah di Indonesia.

"Karena, cukup banyak WNI yang merupakan TKI di Malaysia yang kembali dengan menggunakan kapal illegal, demi menghindari pemeriksaan dokumen keimigrasian. Umumnya, mereka tidak memiliki izin untuk bekerja, tanpa paspor, dan tinggal dalam periode lama di Malaysia," ucap Jonan.

Jonan mengatakan, pengoperasian kapal-kapal illegal itu sangat berisiko dan telah banyak memakan korban jiwa dari para TKI. Karena itu, kata Jonan, hal tersebut tidak bisa dibiarkan terus terulang.

Kurangnya perhatian terhadap TKI di Malaysia pada masa mudik juga menjadi hal yang disoroti Jonan, karena selama ini belum pernah ada menteri yang melakukan hal tersebut.

Karena itu, mantan dirut KAI ini mengingatkan WNI, khususnya TKI agar menggunakan transportasi yang legal.

"Sehingga terjamin keselamatannya," harap Jonan dalam siaran persnya. (chi/jpnn)

JOHOR BAHRU - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meninjau kegiatan mudik WNI di Pelabuhan Kukup Johor dan Pelabuhan Stulang Laut, Johor Bahru, Senin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News