JPNN.com

Duh, Kepala Bayi Luka Tersayat Alat Medis di RSUD Sungai Dareh

Minggu, 26 Januari 2020 – 08:29 WIB Duh, Kepala Bayi Luka Tersayat Alat Medis di RSUD Sungai Dareh - JPNN.com
Kepala bayi luka terkena alat medis saat dilahirkan. Foto: ANTARA/Ilka Jansen

jpnn.com, DHARMASRAYA - Seorang bayi di Kabupaten Dharmasraya mendapatkan tujuh jahitan di bagian kepala karena diduga tersayat alat medis saat proses kelahirannya di RSUD Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Jumat, 10 Januari 2020.

Pihak RSUD Kabupaten Dharmasraya menyebutkan jahitan pada kepala bayi memang karena luka akibat terkena alat medis.

"Hasil penelusuran yang kami lakukan, luka pada kepala bayi memang terkena alat medis di mana saat petugas mengambil tindakan amniotomi atau memecahkan air ketuban ibu bayi," kata Kepala Bidang Pelayanan RSUD Sungai Dareh, Milana Gafar di Pulau Punjung, Sabtu (25/1).

Dia menjelaskan, pasien tersebut masuk ke RSUD Sungai Dareh pada Jumat (10/1), dan merupakan pasien rujukan dari Puskesmas Koto Baru.

Jjika itu pasien rujukan, lanjutnya, berarti pihak puskesmas tidak mampu untuk menangani pasien sehingga perlu tindakan lebih lanjut.

Kemudian, lanjut dia proses persalinan dilakukan tengah malam. Sesuai ketentuan pasien memungkinkan untuk melahirkan secara normal.

Dalam proses persalinan, petugas akan mengambil tindakan amneotomi, saat itu pula pasien tidak kuat menahan sakit, kemudian banyak bergerak dan meronta, lalu mengenai alat medis dan menyebabkan luka pada bagian kepala bayi.

"Pasien atau ibu bayi memang tidak tenang lalu tidak kuat menanah sakit sehingga ada tekanan dan mengenai kepala bayi saat petugas akan mengambil tindakan amniotomi," ungkap dia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...