Duh...Di Kampung Halaman Anggota Gafatar Malah Ditolak Warga

Duh...Di Kampung Halaman Anggota Gafatar Malah Ditolak Warga
Massa membakar eks camp Gafatar di Deda Moton, Mempawah, kalbar, kemarin. Foto: Meidy/Pontianak Post/JPNN.com

jpnn.com - RANGKASBITUNG – Pemerintah mengembalikan ribuan anggota Gafatar di Kalimantan ke daerah asal mereka masing-masing. Namun anehnya orang-orang yang sebelumnya ramai diberitakan hilang ini ternyata tidak diinginkan lagi keberadaannya oleh masyarakat di kampung mereka sendiri.

Hal itu setidaknya terjadi kepada para pengikut Gafatar asal Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. Sekitar 182 orang warga menandatangani surat pernyataan menolak kepulangan anggota Gafatar ke kampung halaman.

”Seluruh warga di Rangkasbitung Timur menolak kehadiran kembali warga yang sudah tergabung kedalam Gafata, karena mereka dikhawatirkan akan kembali melangsungkan aktivitas yang menyesatkan di masyarakat,” tegas Kepala Desa Rangkasbitung Timur Neneng Nurcahyati, Rabu (20/1).

Menurut dia, warga sudah pernah memberikan satu kali kesempatan kepada para pengikut Gafatar untuk meninggalkan kelompok yang dituding menyebarkan aliran sesat tersebut. Namun kenyataanya tak lama kemudian sebanyak 25 orang warga Desa Rangkasbitung Timur tiba-tiba saja menghilang dan belakangan diketahui berada di Kalimantan bersama para pengikut Gafatar lainnya.

Sementara Ketua Bakorpakem Kabupaten Lebak Rini Hartati mengatakan, pihaknya akan berusaha menetralisir gerakan penolakan anggota Gafatar. Pasalnya, Pemkab Lebak melihatnya berpotensi menimbulkan konflik antar masyarakat. 

”Mereka yang terlanjur masuk organisansi Gafatar dan ingin pulang kampung, itu adalah suatu keberuntungan. Jika warga menolak, mau kemana mereka pergi? Yang jelas kami akan terus memberi penyuluhan kepada masyarakat, agar tidak terlalu radikal dalam menyikapi rencana kepulangan warga yang terlanjur masuk Gafatar untuk kembli ke keluarga mereka,” kata Rini yang juga Kajari Lebak ini. (yas/dil/jpnn)


RANGKASBITUNG – Pemerintah mengembalikan ribuan anggota Gafatar di Kalimantan ke daerah asal mereka masing-masing. Namun anehnya orang-orang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News