Duit Panas Bupati Penajam Paser Utara Disimpan Perempuan, Alamak!

Duit Panas Bupati Penajam Paser Utara Disimpan Perempuan, Alamak!
Uang hasil suap Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud disebut ditampung di rekening Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis. Foto: ilustrasi/dokumen JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Abdul Gafur Mas'ud sebagai tersangka kasus dugaan korupsi modus suap.

Selain Abdul Gafur, ada sejumlah nama lain yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang sama, salah satunya Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis.

Nur Afifah memiliki peran penting di balik manuver Abdul Gafur dalam mengeruk duit panas dari sejumlah rekanan proyek.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut, Nur Afifah Balqis yang merupakan Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan diduga menampung uang suap dari Abdul Gafur. Uang tersebut disimpan di rekening milik Nur Afifah.

"Tersangka Abdul Gafur diduga bersama tersangka Nur Afifah Balqis, menerima dan menyimpan serta mengelola uang-uang yang diterimanya dari para rekanan di dalam rekening bank milik tersangka Nur Afifah Balqis yang berikutnya dipergunakan untuk keperluan tersangka Abdul Gafur Mas'ud," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (13/1).

Selain dua sosok itu, ada empat orang lainnya yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta perizinan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada 2021-2022.

Mereka di antaranya, pihak swasta Achmad Zuhdi, Plt Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara Mulyadi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara Edi Hasmoro, serta Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara Jusman.

Uang suap tersebut diduga terkait proyek pekerjaan yang ada pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara senilai Rp 112 miliar.

KPK mengungkap peran Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis di balik kasus dugaan penerimaan suap Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud. Nur Afifah menjadi penampung duit panas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News