Dukung Airlangga, Ngebet Munaslub demi Lengserkan Setnov

Dukung Airlangga, Ngebet Munaslub demi Lengserkan Setnov
Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Dukungan kepada Airlangga Hartarto untuk menjadi ketua umum definitif Partai Golkar terus mengalir. Yang terkini, ada tiga organisasi sayap Golkar yang memberkan dukungan untuk Airlannga, yakni Kosgoro, SOKSI dan MKGR.

Ormas Trikarya di bawah Golkar itu mengharapkan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) bisa segera digelar. Dengan demikian, Golkar segera memiliki ketua umum untuk menggantikan Setya Novanto yang kini menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Ketua Umum Kosgoro Agung Laksono, internal Golkar memang sedang bergolak. Ada arus kuat yang mendorong Golkar segera menggelar munaslub untuk memilih ketua umum baru.

"Setiap pemimpin ada pemimpinnya. Bagi kami Airlangga Hartarto yang dapat membawa Partai Golkar keluar dari turbulensi ini. Kami ingin memadukan latar belakang pendidikan, kemampuan, dan kompetensi dengan kepemimpinan yang berkarakter," ujar Ketua Umum Kosgoro Agung Laksono di rumahnya di kawasan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Minggu (10/12).

Agung menambahkan, ada aspirasi besar dari DPD I Golkar atau tingkat provinsi se-Indonesia yang mendapatkan dampak akibat dinamika itu. Ormas sayap Golkar pun terpanggil untuk mendorong pergantian kepemimpinan melalui munaslub.

Ketua Dewan Pakar Golkar itu menambahkan, pergantian ketua umum partainya memang harus tetap mengacu aturan. Merujuk anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) Golkar maka munaslub bisa digelar jika didukung dua pertiga dari jumlah total DPD I.

Menurut Agung, sudah ada 31 DPD I Golkar yang menginginkan munaslub segera digelar. "Tiga ormas ini bersama 31 DPD tingkat satu meminta DPP untuk merespons penyelenggaraan munaslub Desember ini juga, selambat-lambatnya tanggal 20," tegas Agung.

Dia  menambahkan, Golkar harus segera menggelar munaslub untuk memilih ketua umum baru. Sebab, tahapan pendaftaran calon untuk Pilkada 2018 akan dimulai pada 8 Januari mendatang.

Dukungan kepada Airlangga Hartarto untuk menjadi ketua umum definitif Partai Golkar terus mengalir, termasuk dari tiga organisasi pendiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News