Dukung Ekspor Boga Bahari, Bea Cukai Tangerang Beri Asistensi 2 Pelaku UMKM Ini

Dukung Ekspor Boga Bahari, Bea Cukai Tangerang Beri Asistensi 2 Pelaku UMKM Ini
Bea Cukai Tangerang menggelar asistensi ekspor terhadap dua pelaku UMKM yang memproduksi boga bahari di Tangerang. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, TANGERANG - Bea Cukai Tangerang menggelar asistensi ekspor terhadap dua pelaku UMKM yang memproduksi boga bahari di Tangerang.

Diketahui, Indonesia, sebagai negara maritim, memiliki kekayaan kuliner bahari yang beragam. Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki potensi ekspor dari boga bahari.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi sekaligus Ketua Tim Program Pemberdayaan UMKM Bea Cukai Tangerang, Anton Mawardi mengatakan asistensi ekspor terhadap UMKM dilaksanakan pada Mei dan Juni 2023, melalui kegiatan bertajuk Program Pemberdayaan UMKM.

Program ini dikelola bersama Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Banten dalam Joint Program UMKM Kemenkeu One.

Melalui program ini, Bea Cukai berupaya mendorong ekspor produk UMKM untuk pemulihan ekonomi nasional lewat rencana kerja kunjungan, asistensi, dan sosialisasi.

"Tim Pemberdayaan UMKM Bea Cukai Tangerang mengunjungi PT Rezeki Berlian Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang budi daya krustasea, khususnya Udang Vaname, Udang Windu, dan Udang Black Tiger di pesisir Lampung dan Belitung," ujarnya.

Perusahaan tersebut berencana melakukan ekspansi usahanya dengan merambah pasar global.

Setelah sebelumnya melakukan konsultasi ketentuan ekspor dengan Bea Cukai Tangerang, didapati kendala pada ketentuan impor di negara tujuan dengan mempersyaratkan perizinan tertentu yang sampai saat ini masih dalam proses pemenuhan oleh perusahaan.

Bea Cukai Tangerang menggelar asistensi ekspor terhadap dua pelaku UMKM yang memproduksi boga bahari di Tangerang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News