Dukung Implementasi NLE, 2 Kantor Bea Cukai Gandeng Instansi Terkait

Dukung Implementasi NLE, 2 Kantor Bea Cukai Gandeng Instansi Terkait
Dua kantor Bea Cukai, yakni Bea Cukai Pontianak dan Belawan menjalin sinergi dengan instansi-instansi untuk mendukung. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Dua kantor Bea Cukai, yakni Bea Cukai Pontianak dan Belawan menjalin sinergi dengan instansi-instansi untuk mendukung implementasi National Logistic Ecosystem (NLE).

Pemerintah telah menetapkan sebuah program nasional dalam memberikan dukungan pelaksanaan penataan ekosistem logistik nasional secara terkoordinasi dan terintegrasi, yaitu National Logistic Ecosystem (NLE).

Program itu tertuang dalam Inpres Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional.

NLE adalah suatu platform ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang.

Di Pontianak, Bea Cukai menyelenggarakan forum diskusi yang membahas evaluasi program NLE bersama perwakilan Sekretariat Kabinet, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Lembaga National Single Window, dan para stakeholder NLE di Pelabuhan Pontianak, seperti Karantina, Imigrasi, Pelindo, KSOP, dan KKP, Kamis (16/11).

"Dalam forum diskusi ini, perwakilan Bea Cukai menyampaikan gambaran umum tentang pelaksanaan NLE di wilayah pengawasan Bea Cukai Pontianak yang sudah diimplementasikan sejak tahun 2022," kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan, Encep Dudi Ginanjar, Selasa (21/11).

Progres implementasi NLE hingga 2023 di Pelabuhan Pontianak telah terealisasi 10 layanan SSm Pengangkut, SSm Perizinan, SSm QC, DO Online, SP2 Online, Vessel, STID, Single Billing, Gate System, dan SIPT.

Saat ini, juga tengah terlaksana pembangunan infrastruktur yang menunjang program NLE di Pelabuhan Dwikora dan Terminal Kijing.

Dua kantor Bea Cukai, yakni Bea Cukai Pontianak dan Belawan menjalin sinergi dengan instansi-instansi untuk mendukung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News