Dukung Industri Esports, KSP dan Kemendikbudristek Tinjau SMKN 1 Ciomas

Dukung Industri Esports, KSP dan Kemendikbudristek Tinjau SMKN 1 Ciomas
Tenaga Ahli Utama Bidang Olahraga dan Pemuda Kantor Staf Presiden Agung Hardjono. Foto: KSP

jpnn.com, BOGOR - Kejuaraan olahraga elektronik Piala Presiden Esports (PPE) 2023 tidak hanya memiliki misi sebagai ajang buat mencari talenta baru dalam skena kompetitif tanah air, tetapi, juga menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia mampu buat menggelar turnamen dengan skala yang sangat besar.

Hal ini yang menjadi fokus penyelenggaraan Piala Presiden Esports selama lima tahun digelar.

Sejak pertama kali berlangsung pada tahun 2019, turnamen ini berhasil menjadi bukti bahwasanya Indonesia memiliki SDM bertalenta di dalam industri Esports yang kini tengah berkembang dengan sangat pesat.

Tidak hanya terbatas sebagai pemain yang berlaga di panggung saja, SDM berkualitas asal Indonesia banyak yang terlibat dan berkarya di belakang layar Piala Presiden Esports demi memastikan penyelenggaraannya dapat berjalan dengan lancar setiap tahunnya.

Sejalan dengan visi dan misi untuk memajukan SDM unggul di bidang esports, Piala Presiden Esports 2023 juga merangkul talenta muda di bidang animasi, broadcasting, dan pengembangan gim lokal. Untuk itu, demi tercapainya misi tersebut, Kantor Staf Presiden RI (KSP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), dan KINCIR mengadakan Esports Next serta kunjungan kinetik ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ciomas.

Tenaga Ahli Utama Bidang Olahraga dan Pemuda Kantor Staf Presiden Agung Hardjono menyatakan bahwa Pemerintah Republik Indonesia siap untuk mendukung perkembangan industri esports di Indonesia, yang sudah memiliki dampak positif bagi generasi muda, salah satunya melalui Piala Presiden Esports 2023.

Diharapkan, akan semakin banyak sumber daya manusia berkualitas, baik dari sisi atlet maupun industri kreatif, yang akan lahir dari kejuaraan ini.

“Esports merupakan salah satu industri yang memiliki perkembangan paling pesat di Indonesia, lewat berbagai prestasi yang berhasil dicapai oleh atlet esports Indonesia. Pemerintah Republik Indonesia terus berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem industri esports dan gim nasional, agar berdampak positif dan added-value bagi bonus demografis Indonesia. Untuk itu melalui Piala Presiden Esports 2023, dukungan untuk SMKN 1 Ciomas dapat menambah potensi siswa-siswi untuk meraih masa depan gemilang, baik dalam sektor kreatif maupun profesi lainnya yang berkaitan dengan industri esports dan gim. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden terhadap revitalisasi vokasi serta pengembangan SDM untuk link-and-match industri,” katanya.

KSP dan Kemendikbudristek meninjau SMKN 1 Ciomas sebagai bentuk dukungan industri Esports di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News