Dukung Literasi Teknologi Guru, Pusdatin Siapkan Program Pembelajaran Berbasis TIK

Dukung Literasi Teknologi Guru, Pusdatin Siapkan Program Pembelajaran Berbasis TIK
Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin Kemendikbud) kembali menyiapkan program Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau lazim disingkat “Pembatik” pada 2021. Foto: Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin Kemendikbud) kembali menyiapkan program Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau lazim disingkat “Pembatik” pada 2021.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusdatin, Muhammad Hasan Chabibie berharap Pembatik mampu memperkuat literasi TIK para guru.

Tahun lalu, kata dia, Pembatik diikuti oleh 70 ribu guru dan 2021 diharapkan bisa diikuti minimal 75 ribu guru yang akan jadi mitra penggerak pembelajaran abad 21.

“Pandemi ini memaksa kita, mau tidak mau, untuk makin lincah memanfaatkan TIK dalam proses belajar mengajar,” ujar Hasan saat ditemui di kantornya.

Hasan mengatakan, program Pembatik dapat diikuti guru Pegawai Negeri Sipil (PNS), swasta, maupun guru honorer. Semua guru, kata dia, boleh mengikuti Pembatik, sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.

“Bukan berarti karena ini Pembatik, harus guru TIK yang ikut. Guru agama, bahasa, sejarah, apapun boleh. Harapannya, ini jadi cermin di mana teknologi dimanfaatkan di semua mata pelajaran,” beber Hasan.

Melalui Pembatik, Hasan mengatakan para peserta didorong untuk menguasai TIK dan menerapkannya pada pengajaran di sekolah.

Mereka juga diharapkan menjadi penggerak TIK di lingkungan masing-masing.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin Kemendikbud) kembali menyiapkan program Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau lazim disingkat “Pembatik”, pada 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News