Dukung MKD Usut Delegasi DPR ke AS Boyong Istri dan Keluarga

Dukung MKD Usut Delegasi DPR ke AS Boyong Istri dan Keluarga
Direktur Centre For Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Centre For Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi mengatakan, modus membawa istri, anak ataupun anggota keluarga kerap dilakukan para pejabat negeri ini mulai dari pejabat birokrasi hingga presiden.

"Jokowi saja untuk urusan pulang kampung menggunakan pesawat kepresidenan, padahal pesawat kepresidenan itu hanya boleh digunakan untuk keperluan dinas. Kalau untuk keperluan pribadi, Jokowi mestinya naik pesawat komersil dan atas biaya sendiri. Kalau mau membahagiakan anak istri mengajak liburan, jangan gunakan fasilitas dan uang negara," kata Uchok, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (8/9).

Untuk itu, Uchok mendukung langkah Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) untuk sekaligus memeriksa dugaan penyalahgunaan wewenang Delegasi DPR RI yang berkunjung ke Amerika Serikat dengan membawa istri dan anak apakah atas biaya sendiri atau dengan biaya DPR.

"Bagus kalau mau diperiksa sekalian semua anggota DPR saja diperiksa. Saya yakin banyak anggota DPR menggunakan kunker mengajak istri, anak dan anggota keluarga. Gaji sudah besar, masak mengajak jalan-jalan anak istri gunakan uang negara juga. Mereka seharusnya tidak membawa anak sehingga bisa fokus menjalankan tugasnya," ujarnya.

Kalau memang menggunakan biaya sendiri, Uchok menyarankan anggota DPR, untuk mencari hari libur membawa anak istrinya jalan-jalan seperti halnya rakyat Indonesia lainnya.

"Enak bener mereka bisa jalan-jalan membawa anak istri sekalian dalam dinas, sementara rakyat harus mencari hari libur untuk ajak anak istri jalan-jalan dan atas biaya sendiri," tegasnya.

Terakhir Uchok mencontohkan kasus mantan Menag Suryadharma Ali menjadi pesakitan di KPK karena membawa istri, anak dan anggota keluarga serta kerabat ke tanah suci meski dengan biaya sendiri.

"Suryadharma Ali ditangkap KPK karena membawa keluarganya kok, meski atas biaya sendiri dia tetap kena," imbuhnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Direktur Centre For Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi mengatakan, modus membawa istri, anak ataupun anggota keluarga kerap dilakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News