Dukung Pengembangan Desa Wisata untuk Pulihkan Ekonomi, Menteri Sandi: Sesuai dengan Semangat Kami

Dukung Pengembangan Desa Wisata untuk Pulihkan Ekonomi, Menteri Sandi: Sesuai dengan Semangat Kami
Menteri Pariwisata, Ekonomi & Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur. Foto dok Kemenparekraf

jpnn.com, MALANG - Menteri Pariwisata, Ekonomi & Kreatif Sandiaga Uno bakal mendukung pengembangan desa wisata.

Salah satunya, Sandi mencontohkan Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur yang berhasil meningkatkan penghasilan tahunan desa hingga 100 kali lipat.

"Sesuai dengan semangat kami untuk membangkitkan desa-desa ini pertama agar ekonomi kita pulih," kata Sandi saat mengecek langsung kegiatan di sana, Sabtu (22/5).

Sandi melihat langsung bagaimana wilayah persawahan seluas 1 hektare (ha) di desa itu telah disulap dan bisa menghasilkan keuntungan pertahun hingga Rp1,2 miliar.

Padahal, sebelumnya sawah di sana cuma menguntungkan warga sebesar Rp10 juta pertahun. Mantan wakil  gubernur DKI Jakarta itu menekankan, banyak kegiatan di desa tersebut yang bisa dikembangkan dan memberi keuntungan bagi warga.

"Jadi ada beberapa jenis tanaman yang bisa menembus pasar ekspor sampai ke Jepang. Nilai tambahnya juga peningkatannya luar biasa," ucap Sandi.

Dengan perekonomian yang makin bergerak akan membangkitkan semangat dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Selain itu, Sandi juga menerangkan kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif tersebut bisa membuka kesempatan kerja yang lebih luas bagi masyarakat di tengah pandemi virus corona (Covid-19) saat ini.

Menteri Pariwisata, Ekonomi & Kreatif Sandiaga Uno bakal mendukung pengembangan desa wisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News