Dukung Pilkada Langsung, PDIP Dinilai Ketakutan

Dukung Pilkada Langsung, PDIP Dinilai Ketakutan
Dukung Pilkada Langsung, PDIP Dinilai Ketakutan

jpnn.com - JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) termasuk dalam kelompok partai yang menolak pilkada tidak langsung oleh DPRD sebagaimana diatur dalam RUU Pilkada. Namun, penolakan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu terhadap pemilihan pilkada di DPRD dinilai sebagai bentuk sikap ketakutan.

Menurut pengamat politik dari Universitas Paramadina, Herdi Sahrasad, PDIP tengah ketakutan menghadapi kekuatan Koalisi Merah Putih dalam perebutan kekuasaan di daerah. "Yang paling utama kekhawatiran PDIP, karena yang menang pasti Koalisi Merah Putih," ujar Herdi dalam diskusi 'Pilkada buat Siapa' di Jakarta Pusat, Sabtu (13/9).

Herdi mengungkapkan, Koalisi Merah Putih hampir menguasai seluruh parlemen di seluruh tingkatan. Sementara, koalisi PDIP hanya berkuasa di tiga DPRD. Oleh karena itulah, ungkapnya, PDIP takut dikalahkan.

"Jadi kalau ada pemilihan gubernur, mereka kalah langsung," imbuh Herdi.

Meski demikian Herdi juga menegaskan bahwa belum ada jaminan Koalisi Merah Putih pasti menang di pilkada di DPRD. Sebab, imbuhnya, ada proses lobi dan diskusi politik dalam proses pilkada melalui DPRD.(flo/jpnn)


JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) termasuk dalam kelompok partai yang menolak pilkada tidak langsung oleh DPRD sebagaimana diatur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News