Dukung Program Kementan 2018, Ini Harapan SHS Kulon Progo

Dukung Program Kementan 2018, Ini Harapan SHS Kulon Progo
PT Sang Hyang Seri (SHS) Cabang Kulon Progo menyatakan siap melaksanakan target penyediaan benih dari Kementan pada 2018. Foto dok humas Kementan

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) telah berhasil mewujudkan swasembada beras mulai 2016.

Terkait hal ini, untuk terus menjamin ketersediaan beras secara mandiri, khususnya di Provinsi Yogyakarta, PT Sang Hyang Seri (SHS) Cabang Kulon Progo menyatakan siap melaksanakan target penyediaan benih dari pemerintah yakni Kementan pada 2018.

Kepala Cabang SHS Kulon Progo, Okman Adi Saputra menegaskan ada beberapa terobosan yang harus dilakukan yakni menyukseskan program subsidi benih padi, program upaya khusus (Upsus) swasembada padi, dan pemasaran langsung (free market). Bahkan SHS Kulonprogo bersedia menjadi mitra Kementan guna menyediaan benih hortikultura.

"Kami optimistis dapat merealisasikan terobosan ini, baik penyediaan benih padi, kedelai maupun hortikultura. Kami sudah melakukan berbagai pembenahan," ujar Okman di Yogyakarta, Rabu (8/11).

Beberapa perbaikan yang telah dilakukan, bebernya, seperti merevitalisasi pabrik yang memiliki daya tampung benih 1.500 ton di areal penangkaran seluas 300 hektare, memperbarui mesin pabrik. Begitu pun sarana dan prasarananya.

"Ini jadi modal utama mencapai agar penyediaan benih padi tahun 2018 aman dan berkualitas, sehingga produksi padi meningkat," jelasnya.

Karena itu, Okman berharap, SHS bisa diterima berbagai pihak berkepentingan (stakeholder), khususnya pemerintah, seperti Kementerian Pertanian (Kementan). Pasalnya, SHS telah banyak melakukan pembenahan.

"Kami bersinergi menjadi garda terdepan dalam mewujudkan ketahanan pangan sesuai amanat konstitusi dan visi Lumbung Pangan Dunia 2045 yang dicanangkan Menteri Pertanian. Begitu pun dengan para petani. Kami sangat berharap kita terus bermitra. Apalagi, benih adalah Sang Hyang Seri juga. Jadi, kalau ingat benih, ingat Sang Hyang Seri," tutur Okman.

PT Sang Hyang Seri Kulonprogo bersedia menjadi mitra Kementan guna menyediaan benih hortikultura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News