Minggu, 17 Februari 2019 – 20:42 WIB

Dukung Program SERASI, Komisi IV DPR Meninjau Bantuan ke Petani

Minggu, 20 Januari 2019 – 07:03 WIB
Dukung Program SERASI, Komisi IV DPR Meninjau Bantuan ke Petani - JPNN.COM

jpnn.com, BANYUASIN - Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu, 16 Januari 2019. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau langsung bantuan alat penggilingan beras yang diberikan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mendukung program SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani).

Edhy dan rombongan melihat langsung proses penggilingan padi di wilayah kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. “Kami ingin melihat dan mendengar langsung dari masyarakat, sejauh mana program SERASI ini bermanfaat bagi masyarakat Sumatera Selatan,” ujar Edhy.

Sebagai informasi, total lahan rawa yang dioptimalisasikan dalam Program Serasi mencapai 274 ribu hektare terdiri dari lahan lebak dan pasang surut yang tersebar di delapan kabupaten/kota. Untuk Kabupaten Banyuasin sendiri memiliki lahan rawa pasang surut terluas hingga 130 ribu hektare.

Wakil Bupati Banyuasin, Slamet Somosentono menjelaskan bahwa Kabupaten Banyuasin masih membutuhkan beberapa bantuan alsintan.

“Kami membutuhkan 12.000 unit traktor roda dua, 2.000 unit traktor roda empat, combine harvester dan alat untuk tanam padi sebanyak 2.000 unit,” ujar Slamet.

Menanggapi hal tersebut, Edhy menyampaikan jika memang dibutuhkan, pemerintah akan membantu penambahan alsintan, namun untuk saat ini diharapkan dapat memaksimalkan bantuan yang sudah diterima.

“Saya pikir gunakan saja dulu yang ada, karena 12.000 unit alsintan itu lebih dari jumlah bantuan satu Propinsi Sumsel yang hanya 7.000 unit,” ujar Edhy.

“Saya rasa yang dibutuhkan segera justru alat pengering gabah. Alat pengering gabah yang sekarang saya rasa kurang jika berbanding dengan jumlah produksi. Produksi gabah 50 ton tiap jamnya dan pengering hanya satu saya rasa kurang optimal” ujar Edhy.

SHARES
TAGS   BKP Kementan
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar