Dukung Target Pemerintah NZE 2060, Ini Inisiatif Hijau Pertamina

Dukung Target Pemerintah NZE 2060, Ini Inisiatif Hijau Pertamina
Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) Fadli Rahman saat memyampaikan paparannya dalam Indonesia Partner Country Hannover Messe Conference pada Kamis (20/4). Foto: dokumentasi humas Pertamina

jpnn.com, HANNOVER - Pertamina memiliki target untuk mencapai net zero emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat, khususnya pada Lingkup 1 dan 2.

Hal ini disampaikan Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) Fadli Rahman dalam Indonesia Partner Country Hannover Messe Conference pada Kamis (20/4).

“Pertamina selama ini dikenal sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia. Kami memiliki peran strategis, yaitu memastikan ketahanan energi nasional. Namun yang belum banyak diketahui publik bahwa Pertamina sangat serius mewujudkan bisnis yang berkelanjutan,” ujar Fadli.

Fadli menyampaikan pada 2022 Pertamina menduduki posisi kedua skor environment, social, and governance (ESG) di sektor minyak dan gas terintegrasi.

Posisi ini meningkat dari tahun sebelumnya yaitu posisi ketujuh.

Dari rentang 2010 hingga 2021, Pertamina telah melakukan penurunan emisi mencapai 29,07 persen atau 7,4 juta ton setara CO2.

Penurunan tersebut dikontribusikan oleh beberapa aktivitas, antara lain penurunan emisi dari proses, penurunan emisi dari proses pembakaran, efisiensi energi, dan penggunaan energi rendah karbon.

Untuk mencapai aspirasi NZE 2060 tersebut, Pertamina menerapkan dua inisiatif strategis, yaitu melakukan dekarbonisasi bisnisnya saat ini dan membangun bisnis hijau.

Berikut ini inisiatif hijau Pertamina yang mendukung target pemerintah mencapai NZE 2060

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News