Dukung UMKM, Pertamina Salurkan Rp 141 Miliar untuk 5.116 Mitra Binaan Sepanjang 2023

Dukung UMKM, Pertamina Salurkan Rp 141 Miliar untuk 5.116 Mitra Binaan Sepanjang 2023
Penyelenggaraan Pertamina SMEXPO merupakan salah satu dukungan pembinaan UMKM yang dilakukan oleh Pertamina. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) telah menyalurkan kredit bergulir hingga Rp 141,9 miliar kepada 5.116 pelaku usaha mikro kecil dan Menengah (UMKM) sepanjang 2023.

Dana PUMK disalurkan kepada pelaku UMKM dari berbagai sektor, mulai perdagangan, kerajinan tangan, pertanian, home industry, jasa, dan lain sebagainya.

Program pembinaan yang dilaksanakan secara komprehensif dan terintegrasi, mulai dari pembinaan level regional, nasional hingga internasional.

Pembinaan UMK yang dijalankan, meliputi pameran, pelatihan dan workshop.

Selain itu, ada juga pelatihan e-learning, short course, pendampingan dan coaching, marketplace online, sertifikasi, business matching, dan bentuk pembinaan lainnya.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (mrk/jpnn)

Pertamina menyalurkan dana PUMK sebesar Rp 141,9 miliar untuk 5.116 mitra binaan sepanjang 2023 sebagai dukungan terhadap UMKM


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News