Dunia Hari Ini: Bentrok Pekerja Pabrik iPhone dan Polisi Terjadi di Tiongkok

Dunia Hari Ini: Bentrok Pekerja Pabrik iPhone dan Polisi Terjadi di Tiongkok
Para pekerja pabrik telepon iPhone di China dipukuli oleh polisi setempat saat terjadi aksi protes atas kondisi kerja mereka. ()

Bila Anda telah memesan telepon genggam baru iPhone-14, bersiap-siaplah untuk menunggu lebih lama gara-gara pabrik terbesarnya di Tiongkok, kini dirundung masalah pemogokan dan demonstrasi pekerja.

Pabrik iPhone di Zhengzhou, memproduksi sekitar 70 persen pasokan telepon pintar ini ke seluruh dunia.

Sementara di Afghanistan Taliban kembali melakukan hukum cambuk kepada para kriminal di lapangan terbuka. Ikuti laporan selengkapnya:

Pesanan iPhone-14 Anda mungkin tertunda akibat demo di Tiongkok

Karyawan di pabrik Apple iPhone terbesar di dunia telah dipukuli dan ditahan dalam aksi demonstrasi atas perselisihan kontrak dengan perusahaan.

Video di media sosial Tiongkok menunjukkan ribuan orang dengan pakaian APD warna putih berhadapan dengan barisan polisi anti huru-hara.

Rekaman menunjukkan satu orang dipukul dengan pentungan, satu lagi dibawa dengan tangan di belakang punggung, dan pengunjuk rasa menyemprotkan alat pemadam kebakaran ke polisi.

Pemicu protes yang dimulai pada Rabu (23/11) pagi, tampaknya disebabkan oleh rencana perusahaan untuk menunda pembayaran bonus bagi pekerja.

Apple memperingatkan bahwa pengiriman model iPhone 14 akan tertunda karena pembatasan COVID yang diberlakukan di pabrik Zhengzhou.

Pekerja pabrik telepon iPhone terbesar di dunia yang berada di Zhengzhou, Tiongkok, terlibat bentrok dengan polisi saat menuntut pembayaran bonus di tengah pembatasan COVID yang masih sangat ketat

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News