Dunia Hari Ini: Di Bulan Januari Ini Sudah Tiga Ribu Warga Palestina Terbunuh

Dunia Hari Ini: Di Bulan Januari Ini Sudah Tiga Ribu Warga Palestina Terbunuh
Tentara Israel mengaku sudah menarik pasukannya dari Gaza, tapi jumlah warga terbunuh terus meningkat. (Israel Defence Forces via Reuters )

Anda membaca Dunia Hari Ini yang merangkum sejumlah laporan utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

Kita awali dengan perkembangan terkini dari serangan Israel ke Gaza.

Lebih 25 ribu orang Palestina terbunuh

Meski Amerika Serikat menyerukan agar Israel menurunkan intensitas serangan, dan militer Israel mengaku sudah menarik sebagian pasukannya dari Gaza, jumlah warga Palestina yang tewas terus meningkat.

Jumlah warga Palestina yang tewas akibat serangan Gaza sudah mencapai 25.105 orang sejak serangan 7 Oktober 2023, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza.

Di bulan Januari ini saja sudah ada 3.000 orang yang terbunuh, artinya secara rata-rata Israel membunuh lebih dari 148 warga Palestina setiap harinya.

Pemerintah Israel juga menghadapi tekanan yang meningkat dari warganya yang frustrasi dengan cara PM Netanyahu menangani perang tersebut.

Kuil Hindu yang kontroversi dibuka

Sebuah kuil megah untuk dewa Hindu Lord Ram dibuka hari ini, di sebuah lokasi di Ayodhya yang diyakini sebagai tempat kelahirannya.

Kuil ini jadi janji utama Partai Bharatiya Janata (BJP) beraliran nasionalis Hindu yang mengusung Perdana Menteri Narendra Modi selama 35 tahun, yang juga menjadi isu politik kontroversial karena membuat BJP berkuasa.

Anda membaca Dunia Hari Ini yang merangkum sejumlah laporan utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News