Dunia Hari Ini: Dugaan Alasan ISIS Melakukan Aksi Bom Mematikan di Filipina

Dunia Hari Ini: Dugaan Alasan ISIS Melakukan Aksi Bom Mematikan di Filipina
Aparat penegak hukum menyelidiki lokasi ledakan di Universitas Negeri Mindanao. (Reuters: Lanao Del Sur Provincial Government/Handout )

Anda kembali menyimak laporan Dunia Hari Ini edisi Senin, 4 Desember 2023.

Kami sudah merangkum sejumlah berita dari berbagai negara dalam 24 jam terakhir, yang kita awali dari Filipina.

Aksi pengeboman ISIS di Filipina

Kelompok militan ISIS mengaku bertanggung jawab atas pengeboman mematikan saat sedang berlangsung misa Katolik di Filipina, menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai 50 orang.

Serangan tersebut dilakukan di Marawi, sebuah kota di selatan Filipina yang dikepung oleh militan Islam selama lima bulan pada tahun 2017.

Kelompok ISIS, yang cukup berpengaruh di daerah itu mengatakan melalui Telegram bahwa anggotanya telah meledakkan bom tersebut.

Pihak berwenang yang menyelidiki ledakan menduga ledakan tersebut merupakan kemungkinan balas dendam yang dilakukan oleh militan pro-ISIS, terhadap aksi militer Filipina membunuh 11 militan.

Pelaku penikaman Menara Eiffel ditangkap

Polisi Prancis menangkap seorang pria yang menikam seorang turis Jerman dan melukai dua lainnya di dekat Menara Eiffel, Paris.

Penyerang mengejar pasangan asal Jerman sambil membawa pisau, membunuh pria tersebut, kemudian menggunakan palu untuk melukai dua orang lainnya.

Sedikitnya empat orang tewas dan 50 lainnya luka-luka akibat serangan bom ISIS di Filipina

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News