Dunia Hari Ini: PT Capella Swastika Karya Kehilangan Lisensi Miss Universe Indonesia

Dunia Hari Ini: PT Capella Swastika Karya Kehilangan Lisensi Miss Universe Indonesia
Enam kontestan Miss Universe Indonesia melaporkan tindakan pelecehan seksual. (Instagram: @missuniverse_id)

Anda sedang membaca Dunia Hari Ini edisi Senin, 14 Agustus 2023.

Kami sudah merangkum sejumlah kejadian dari berbagai negara dalam 24 jam terakhir agar Anda dengan mudah mengikuti perkembangan dunia.

Laporan utama kami hadirkan dari Indonesia.

Organisasi Miss Universe dunia angkat suara

Miss Universe Organisation di New York memutuskan hubungan dengan PT Capella Swastika Karya Indonesia menyusul pengaduan para kontestan yang menuduh adanya pelecehan seksual saat mengikuti sesi body checking.

Pihaknya juga membatalkan kontes yang akan digelar di Malaysia, karena lisensi di negara tersebut juga dipegang oleh PT Capella Swastika Karya.

"Mengingat apa yang kami saksikan terjadi pada Miss Universe Indonesia, menjadi jelas jika waralaba ini tidak memenuhi standar dan etika brand kami," kata Organisasi Miss Universe di media sosial X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Hengki Haryadi, Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes mengatakan pihaknya masih terus menyelidiki sesi body checking.

"Tempatnya juga sedikit terbuka, kemudian juga para korban ini merasa dipaksa melepas bajunya, kemudian difoto dan sebagainya. Bukan oleh ahli medis, melainkan orang-orang yang tidak berkapasitas," katanya.

Miss Universe Organisation memutuskan hubungan dengan PT Capella Swastika Karya Indonesia setelah adanya laporan sejumlah kontestan ke polisi

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News