Dunia Hari Ini: Tokoh Tertinggi Gereja Katolik Australia Kardinal George Pell Wafat

Dunia Hari Ini: Tokoh Tertinggi Gereja Katolik Australia Kardinal George Pell Wafat
Tokoh tertinggi dalam hirarki Gereja Katolik Australia Kardinal George Pell meninggal dunia di Roma dalam usia 81. Ia merupakan pejabat bidang keuangan Vatikan periode 2014-2019. (AP: Rick Rycroft)

Sudah pertengahan pekan lagi, waktu tidak terasa dan kita akan segera memasuki pertengahan bulan Januari.

Anda masih liburan atau sudah kembali bekerja dan beraktivitas? Jangan lupa untuk mengikuti terus perkembangan dunia dalam 24 jam terakhir bersama kami.

Dunia Hari Ini, edisi 11 Januari sudah kami persiapkan dan kita awali dengan berita dari Roma.

Kardinal George Pell meninggal di Roma

Sumber Vatikan menyebutkan Kardinal George Pell, tokoh tertinggi dalam hirarki Gereja Katolik di Australia, meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Roma pada usia 81 tahun akibat serangan jantung, kemarin malam.

Uskup Agung Sydney Anthony Fisher mengkonfirmasi kematian Kardinal Pell dan meminta umat Katolik mendoakan "ketenangan jiwa Kardinal Pell, untuk kenyamanan dan penghiburan bagi keluarganya dan untuk semua orang yang mencintainya dan sedang berduka saat ini."

Kardinal Pell menjabat sebagai penanggung jawab bidang keuangan Vatikan dari tahun 2014 hingga 2019, sebelumnya ia merupakan Uskup Agung Melbourne dan Sydney sebelum diangkat ke Kolese Kardinal oleh Paus Yohanes Paulus II pada 2003.

Ia muncul beberapa kali dalam pemeriksaan Komisi Khusus Penanganan Pelecehan Seksual Anak-anak (Royal Commission into Institutional Responses to Child Sexual Abuse), yang menyatakan dirinya mengetahui terjadinya pelecehan oleh sejumlah pastor tapi tidak bertindak memadai untuk mengatasinya, tapi temuan ini dibantah oleh Kardinal Pell.

Iran hukum cambuk pekerja LSM

Pengadilan di Iran menjatuhkan vonis terhadap Olivier Vandecasteele, pekerja bantuan asal Belgia, dengan hukuman penjara dan 74 kali cambukan karena terbukti bersalah atas tuduhan spionase.

Kardinal George Pell, tokoh tertinggi dalam hirarki Gereja Katolik di Australia, meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Roma pada usia 81 tahun akibat serangan jantung

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News