Dunia Hari Ini: Vladimir Putin Mengatakan Siap Berdialog dengan Ukraina

Dunia Hari Ini: Vladimir Putin Mengatakan Siap Berdialog dengan Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara pada konferensi pers tahunannya di Moskow, Rusia 14 Desember 2023. (Reuters: Alexander Zemlianichenko)

Selamat membaca kembali laporan Dunia Hari Ini.

Dalam edisi Rabu, 20 Desember 2023 kami menyediakan laporan dalam 24 jam terakhir, dengan berita utama dari Rusia.

Putin menyatakan siap berdialog dengan Ukraina

Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia akan bersiap untuk berbicara dengan Ukraina, Amerika Serikat dan Eropa mengenai masa depan Ukraina jika mereka menginginkannya, tapi di saat bersamaan Rusia akan tetap membela kepentingan nasionalnya.

Presiden Putin yang mengirim pasukan ke Ukraina pada tahun 2022, sudah berulang kali mengatakan siap untuk membicarakan perdamaian.

Tapi pemerintahan negara-negara Barat berpendapat Putin sedang menunggu momen pemilihan presiden AS pada bulan November untuk benar-benar melakukan pembicaraan.

Rusia menguasai sekitar 17,5 persen wilayah yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Ukraina ketika Uni Soviet runtuh pada tahun 1991.

Rumah sakit Gaza digrebek pasukan Israel

Pasukan Israel menggerebek Rumah Sakit Al-Ahli di Kota Gaza, menghancurkan tembok di depan pintu masuknya dan menahan sebagian besar stafnya.

Don Binder, seorang pendeta di Katedral Anglikan St. George yang mengelola rumah sakit tersebut, mengatakan penggerebekan tersebut mengakibatkan hanya ada dua dokter, empat perawat, dan dua petugas kebersihan, yang tersisa untuk merawat lebih dari 100 pasien yang terluka parah, tanpa air bersih atau listrik.

Presiden Rusia Vladimir Putin sudah berulang kali mengatakan siap untuk membicarakan perdamaian dengan Ukraina dan beberapa negara barat yang mendukungnya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News